Saturday, October 15, 2016

Cerita dan Pengalaman di Kampung Bahasa Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur

Kampung bahasa inggris terletak di Desa Singgahan dan Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kalau melihat dari sisi struktur bangunan dan tata rumah per rumah sebenarnya sama saja seperti kampung-kampung biasa.

kampung bahasa inggris tulugrejo pare kediri (ngeblogasyikk.blogspot.com)

Yang membedakan secara nyata, ya hanya spesialis lokasi belajar bahasa asing saja (khususnya inggris). Banyak sekali rumah-rumah penduduk atau pekarangannya menjadi sebuah tempat bimbel dan kelas. Jadi kalau siang hari di sana, pemandangannya hampir mirip berada di lingkungan Universitas. Ya tau sendirilah, soalnya ramai pelajar yang ingin fasih bicara inggris, sekedar mengisi waktu luang, serta ada juga pelajar yang sedang niat mengejar nilai TOEFL dan IELTS sebagai prasyarat melamar kerja atau naik jabatan.


Pilihan Bimbel

kresna barat
Kresna Barat
Menurut saya pribadi, memang benar jika di sana adalah tempat yang tepat mencari ilmu seputar bahasa asing (khususnya, english courses), karena memang banyak sekali bimbingan belajar yang didirikan di sana. Ada Kresna, Smart, Global, UNESCO, Elfast, BEC, dan masih buannnyyakk lagi yang bisa anda pilih, pastinya yang sesuai kantong dan kebutuhan anda. Anda pun bisa tanya-tanya dahulu seputar harga, paket, jam les, camp atau tidak, dan sebagainya sebelum anda mau daftar kepada setiap admin per bimbel, ramah-ramah kok orangnya, yakin deh. Tapi kalau bisa, sebelum berangkat ke sana, silakan planning mau masuk mana. Anda bisa cek satu per satu website atau sosial media mereka (kalau ada) atau tanya teman/keluarga yang lagi/pernah les di sana.

NB: Untuk kualitas, saya nggak mau suudzon atau fitnah. Jadi, saya pilih untuk bungkam.


Transportasi

Oh iya, anda tak perlu merasa khawatir soal jarak tempuh antara bimbel dengan tempat kost (jika ngekost) anda. Karena sudah saya singgung sebelumnya bahwa desa/kampung ini seperti lingkungan Kampus. Jadi, pas buka pintu dari kamar kost atau camp anda langsung menatap tempat les-les an pilihan anda, bisa anda bayangkan sendiri kok. Lol (bercanda).

Namun seandainya jika anda dapat bimbel yang lumayan jauh dari kost karena telat daftar dan dapat seadanya, anda tak perlu sedih atau pun malas. Karena di sana juga ada usaha persewaan kendaraan, kebanyakan sih persewaan sepeda sama persewaan motor. Sepedanya sendiri saja juga macam-macam yang disewakan, ada fixie, onthel (sepeda jawa), bmx, sepeda khusus cewek, dan lain-lain. Yang motor dan mobil pun juga bervariasi.

persewaan sepeda JACK (ngeblogasyikk.blogspot.com)
JACK
Soal harga sewa, untuk sepeda kisaran 50 ribu - 100 ribu per bulan, tergantung macamnya dan mereknya. Yang paling saya rekomendasikan adalah persewaan sepeda JACK dekat SDN Tulungrejo, soalnya nyewanya murah, hanya 50 ribu per bulan, plus kalau misal baru sehari pakai ada yang dirasa enggak enak entah karena engsel stangnya patah bisa diganti sepeda lain atau engselnya saja. Tanya aja, sama orang di sana persewaan sepeda JACK, pasti banyak yang tau. Ciri-ciri lokasinya adalah pagarnya yang banyak gear-gear sepeda dilas.

Untuk motor, harga 60 ribu - 100 ribuan per harinya, dan tergantung juga sama macam dan mereknya. Tapi bisa juga sewa jam-jaman kok, minimal 3 jam sekali sewa dan harganya pastinya lebih murah tergantung dari persewaan tersebut. Tempat yang murah dimana? Jujur saya belum pernah sewa motor di sana. Jadi, maaf saya nggak bisa kasih jawaban. Saya tau harganya juga dari tanya-tanya dari pengajar dan siswa lama di sana.

Mobil juga ada, bisa disewa. Khusus yang ini saya lebih nggak tahu lagi tentang infonya. Jadi, ya maaf.


Makan dan Minum

Gang Anyelir
Soal makan, bisa dibilang harganya standar kok. Standar pelajar mahasiswa. Lol. Enggak kok, ada yang standar siswa SMA juga, tapi yang masuk-masuk gang Anyelir (satu gang sama BEC ke timur). Pilihannya macam-macam, sudah seperti foodcourt kalau pagi atau siang hari. Soalnya sebaris dengan jalan dan jaraknya dekat-dekat.

Di kampung itu juga ada Cafe dengan harga elit atau harga pelajar seandainya anda mau nongkrong sama teman-teman.


Fasilitas Tambahan

Untuk ATM sendiri, setau dan seingat saya hampir semuanya ada (khususnya bank-bank yang paling populer). Tapi, ada tapinya lho! ATM nya hanya ada satu box tiap bank, jadi kalau pas akhir bulan biasanya yang antri panjang atau banyak banget (Nggak tahu juga kalau sekarang). Pokoknya, anda harus selalu sabar, tawakal, dan banyak-banyak minum air jika menunggunya pada siang hari, soalnya panas. Lol.

Santai aja kalau mau les di sana, enggak perlu panik. Ada juga Swalayan kalau butuh alat mandi atau sekedar mau beli pulpen. Fasilitas tambahan lainnya, ada : warnet, jasa laundry, jual pulsa, dan banyak lagi.


Tempak Wisata

Berkunjung di Monumen Simpang Lima Gumul Kediri
SLG
Mau piknik di sana? Di sawah aja sana, sejuk, dan banyak temannya juga yang sedang 'ngisis' (indonesia: menyejukkan badan). Lokasi wisata yang wow! harus keluar kampung dulu. Bawa motor kalau mau sampai kota Kediri buat nonton film di Bioskop atau mau foto-foto ke Monumen SLG Simpang Lima Gumul (video Youtube) biar mirip liburan ke negara Prancis. Oh iya, ke alun-alun pare aja yang dekat, tapi lihat orang pacaran. Lol.


Arah Kiblat

Hmm.. Mungkin anda bingung pas mau sholat di camp atau kost, arah kiblatnya mana? Anda kalem aja, enggak perlu frustasi. Anda bisa lihat google maps atau tanya orang asli sana. Insya ALLAH anda mendapat jawaban yang memuaskan karena niat ibadah anda. Amin. Atau bisa pergi ke masjid kalau malu bertanya atau karena kehabisan duit sehingga tidak bisa beli kuota internet. Pahalanya malah lebih gede, lho.


Baca Juga:

----------

Hmm.. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan sesuai pengalaman pribadi plus informasi dari orang sekitar. Kalau ada salah dalam penyampaian atau penulisan, mohon dimaafkan, ya.

Terimakasih telah mampir. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk.
Cerita dan Pengalaman di Kampung Bahasa Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X