Wednesday, October 12, 2016

Link Rusak Penyebab Peringkat SERP Situs Website / Blog Menurun

Broken Link (Link yang rusak) bisa melukai upaya SEO jangka panjang anda. Bahkan, hal tersebut bersifat buruk, baik dari perspektif mesin pencari maupun dari perspektif pengunjung / pengguna. Pemilik / pengurus harus terus memantau link yang rusak sebelum 'mereka' (link rusak) dapat menyebabkan penurunan pada peringkat SERP situsnya. Ketika bot mesin pencari menjelajah situs anda dan menemukan link yang rusak, maka bot menganggapnya seperti jalan buntu, karena bot memberi sinyal atau memberitahu pada search engine dan mengatakan bahwa situs anda buruk. Jika anda tidak pernah memperbaiki seiringnya waktu, hal ini dapat merugikan upaya SEO anda selama ini.

404 error page not found

BERBAGAI JENIS BROKEN LINK


Ada dua jenis link rusak yang dapat anda temui di website anda. Jika salah satu dari link ini rusak, mereka berdampak negatif terhadap manfaat yang dimiliki oleh website anda.
  1. Link internal. Cara kerjanya adalah pergi dari satu halaman ke halaman yang lain di dalam situs anda. Ini adalah link yang paling mudah anda kontrol atas website yang anda kelola.
  2. Link eksternal. Ini adalah link yang mengarah ke situs web lain seperti afiliasi atau referensi dalam sebuah artikel. Kegunaan link eksternal ini dapat menghemat waktu dan tenaga karena anda tidak perlu lagi menulis konten atau membuat situs baru, namun ketika diperlukan link tersebut berada di luar kendali anda. Jadi, anda perlu mengeceknya setiap hari, minggu, atau bulan.
Kedua jenis broken link itu dapat menghambat peningkatan statistik situs anda. Maka itu, silakan anda cek link mana yang memiliki error jika di klik.


MENGAPA BROKEN LINK MENYAKITI UPAYA SEO ANDA


Dalam paragraf pertama sudah saya singgung mengenai efek buruk yang akan terjadi jika situs anda terlalu banyak broken link. Apalagi jika bot mesin pencari terlalu banyak menemukan kesalahan "404" Halaman Error di dalam situs anda, maka search engine akan menilai buruk dan memasukkan situs anda ke area 'sandbox' (kehilangan SERP). Hal ini tentunya bukan hanya memperburuk citra situs anda terhadap search engine saja, namun "404" Halaman Error juga menurunkan citra baik dari sisi 'pengunjung' (manusia) karena dianggap tidak adanya keseriusan anda dalam mengurus sebuah website / blog. Mereka mungkin akan malas membuka situs anda kembali jika cap negatif sudah terukir dalam benak mereka.

Kita tahu bahwa dibutuhkan banyak waktu dan usaha untuk mendapatkan 'pengunjung' (manusia) untuk datang membaca atau sekedar mengunjungi situs anda. Anda pun juga tidak ingin jika waktu dan usaha anda selama ini menjadi sia-sia jika pengunjung website mengecap negatif terhadap situs anda. Namun, itulah yang bisa terjadi apabila link yang mereka klik adalah link yang rusak.

Jika anda memiliki situs web yang besar atau situs e-commerce dengan ribuan produk, beberapa link yang rusak kemungkinan tidak akan menghancurkan website anda. Namun di sisi lain, jika anda mengoperasikan sebuah situs web kecil, bahkan karena sedikitnya link yang rusak maka bisa menghancurkan usaha-usaha anda selama ini dalam kepengurusannya.

Pikirkan kembali tentang betapa menjengkelkan jika anda sendiri menemukan link rusak saat anda mengunjungi situs orang lain. Ketika anda menemukan atau melihat link yang tampak menjanjikan dan dapat menjawab pertanyaan dalam benak anda, namun setelah anda klik ternyata mendarat di halaman kesalahan dan mengetahui bahwa halaman itu tidak ada. Itulah sebabnya pentingnya kita melakukan pemeliharaan terhadap situs yang dimiliki secara periodik, khususnya dalam mengawasi link yang rusak.


ALASAN / PENYEBAB MENGAPA ANDA BISA MEMILIKI BROKEN LINK


Semoga informasi berikut ini dapat membantu anda untuk mengetahui alasan / sebab mengapa anda memiliki link yang rusak, sehingga nantinya anda dapat mengambil jalan keluar untuk menghindari 'mereka' (broken link) dan bahkan kemungkinan juga dapat mencegah mereka tinggal di situs anda.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa link internal bisa rusak atau tidak valid:
  1. Url konten tujuan sudah anda rubah, namun ternyata url-nya belum anda gantikan di konten pertama.
  2. Kode tag url kurang lengkap atau salah, sehingga jika anda klik anda malah menemukan kesalahan halaman 404.
  3. Konten / artikel tujuan link sudah anda hapus.
Sebenarnya masih ada alasan lain, tetapi yang saya sebutkan di atas adalah beberapa yang paling umum terjadi. Pokoknya, setiap kali anda membuat perubahan url di dalam situs web anda, anda wajib untuk mengidentifikasi segala aspek, apalagi jika perubahan tersebut dapat menyebabkan terjadinya link rusak, sehingga anda dapat dengan cepat mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Sedangkan untuk link eksternal:
  1. Pihak afiliasi merubah url refferal.
  2. Konten referensi tujuan link anda sudah dihapus pemiliknya.
  3. Situs sengaja di hapus.
  4. Situs tidak memperpanjang domain atau hosting.
Anda tau bahwa link eksternal bukan berada di area kewenangan anda. Saran saya, dalam memilih situs yang menjadi afiliasi atau referensi dalam konten maupun area sidebar situs anda, anda wajib memikirkan masak-masak mengenai keseriusan pihak mereka dalam mengurus situsnya. Anda bisa memilih situs yang populer dan masih sering update, walau kemungkinan broken link tetap menghantui situs anda akibat link eksternal yang rusak.


BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI BROKEN LINK?


Di artikel ini saya akan memberikan dua cara untuk memperbaikinya:
  1. Gunakan Search Console Webmaster Tools milik google untuk menemukan link yang rusak agar anda bisa memperbaikinya. Setelah anda melihat link yang rusak, anda harus mencari tahu apa sebabnya, sebelum anda memperbaikinya. Dengan cara itu, anda dapat mengidentifikasi akar penyebab, sehingga nantinya anda dapat mencegah link-link rusak lainnya. Jika anda melihat peningkatan link yang rusak dan ada 404 kesalahan, itu bisa berarti bahwa anda mengalami masalah teknis yang harus segera diperbaiki.
  2. Online Broken Link Checker adalah sebuah situs yang khusus memperbaiki broken link. Ada alat lain yang tersedia, tetapi Online Broken Link Checker adalah yang terbaik menurut saya pribadi. Saya telah memeriksa link yang rusak untuk klien maupun blog saya setiap bulan dengan menggunakan tools / alat ini. Di sana anda hanya perlu memasukkan url homepage / beranda saja untuk menemukan semua link rusak yang berada di dalam situs yang anda kelola. Kemudian isi kode sekuriti dan pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower). Dan silakan tunggu prosesnya sembari membuka situs lain pada tabs baru. Setelah selesai proses, silakan anda perbaiki link yang rusak (jika ditemukan).

KESIMPULAN


Broken link dapat memperburuk citra situs anda di mata Search Engine maupun Pengunjung. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan bahwa tidak ada lagi internal atau eksternal link yang rusak di website anda, entah dengan menggunakan 2 cara yang telah saya sebutkan di atas. Sehingga ke depannya anda tidak akan menemui kerugian lagi karena kasus seperti ini.


-----------

Sekian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan. Jika ada salah mohon dimaafkan.

Terimakasih juga atas kunjungannya. Jika merasa artikel ini membantu atau bermanfaat bagi anda maupun teman-teman anda, silakan share artikel ini.

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Link Rusak Penyebab Peringkat SERP Situs Website / Blog Menurun
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -