Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Minggu, 02 Oktober 2016

10 Tips Menghindari Penipuan Saat Melakukan Kencan Online

Apakah anda siap untuk menjalani kencan di dunia online / maya? Sebenarnya anda tidak sendiri. Di Indonesia saja, banyak orang telah mencoba kencan secara online, entah lewat media sosial maupun situs khusus kencan online.

Memang sih, kencan via online tidak semudah sebagaimana hal itu dirasakan. Meskipun ada koneksi cinta sejati dan akhir yang bahagia, namun ternyata ada juga yang tak terhitung jumlahnya menjalani sebuah cerita tragis dalam menjalaninya.


Catfishing

Catfishing adalah istilah yang digunakan untuk memikat seseorang ke dalam suatu hubungan menggunakan persona palsu. "Catfishers," sebagaimana mereka disebut, membuat profil media sosial palsu entah di Facebook atau Twitter untuk memikat korban agar tidak curiga saat menjalankan aksi penipuan dalam kencan online.

Catfishers dapat memangsa semua jenis orang, entah dari kalangan selebritis, pengusaha, dewan, atau rakyat biasa. Intinya, mereka tidak tanggung-tanggung dalam memilih orang, yang penting kepuasan pribadi mereka tercapai.

bingung nulis blog

Tips Terhindar dari Penipuan Catfisher



Untuk menghindari menjadi korban dari catfishing dunia online atau maya, saya memiliki tips yang semoga dapat bermanfaat bagi anda kedepannya. Berikut adalah beberapa tipsnya:


1. Carilah pasangan hanya di wilayah lokal saja

Hubungan jarak jauh adalah cara yang paling sering dilakukan oleh para catfisher. Kebanyakan penipu fokus pada lingkup luar wilayah mereka. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketahuan dengan mudah atau diadili ketika tertangkap.


2. Melakukan video chatting

Jika mereka mengaku laki-laki atau wanita tapi tidak mau menampakkan dirinya, anda patut mencurigainya. Anda bisa melakukan video chatting di platform seperti Skype dan FaceTime. Seseorang yang tidak ingin menunjukkan wajahnya secara real time dengan anda, bisa jadi itu adalah indikasi penipuan gaya klasik.


3. Verifikasi gambar profil

Apakah foto mereka terlihat terlalu familiar atau tidak asing bagi anda? Berapa banyak gambar profil yang diposting di socmed mereka? Cermati lagi wajah gambar yang diposting, apakah beda dari sebelumnya? Jika anda ragu, cobalah melakukan pencarian gambar berbasis browser untuk gambar yang sama dari foto di internet. Jika anda melihat foto dengan watermark dari profil lain atau situs lain, segera hentikan proses kencan dan blokir semua komunikasi anda.


4. Selidiki

Perhatikan rincian informasi yang telah diberikan mereka secara online. Seorang catfisher terbaik dapat membuat pertanyaan yang tepat dan membuat anda merasa seperti mereka benar-benar tertarik pada anda dan kehidupan anda. Namun, mereka akan selalu menghindari membocorkan rincian tentang diri mereka sendiri jika anda balik bertanya.


5. Jangan mengungkapkan informasi pribadi terlalu banyak

Hindari membocorkan rincian seperti alamat rumah, nomor telepon, tempat kerja, dan lain-lain. Jangan kaget jika mereka akan melakukan hal yang tidak-tidak jika anda terlalu jujur memberikan informasi pribadi anda ke mereka.


6. Jangan memberikan informasi kontak pribadi

Jika anda terlalu bersemangat melakukan chatting melalui IM atau email, mereka dapat memikat anda sehingga mereka dapat mencuri informasi anda. Anda boleh meminta rincian lengkap informasi mereka di situs kencan online yang anda ikuti sampai anda yakin bahwa mereka dapat dipercaya. Cobalah untuk menggunakan alamat email yang berbeda saat menggunakan profil kencan online anda, atau gunakan kata sandi yang kuat seperti merubahnya secara teratur. Serta, cobalah untuk tidak menghapus setiap korespondensi dan mempertimbangkan untuk membuat cadangan dari semua komunikasi yang terjadi antara anda dan mereka.


7. Berhati-hatilah terhadap cerita sedih

Banyak catfisher memiliki cerita menarik, biasanya cerita tragis. Entah itu penyakit atau berakhirnya pasangan atau anak mereka yang baru saja meninggal. Kisah-kisah tersebut biasa mereka gunakan untuk mendapatkan simpati dan kepercayaan anda. Dan jangan sampai anda tertipu.


8. Periksa halaman media sosialnya

Apakah orang tersebut memiliki teman sejati dan keluarga di Facebook untuk menjamin identitas mereka? Apakah mereka sering posting update status atau tweets, dan aktif di Instagram? Hampir semua orang di sosial saat ini melakukan update tiap hari. Jika mereka tidak sering update pada media sosial tetapi memiliki akun kencan online, anda wajib curiga.


9. Tidak memberikan uang

Jangan memberikan uang untuk orang asing yang anda sendiri baru kenal, apalagi jika belum pernah bertemu. Ketika seseorang meminta uang, segera hentikan komunikasi dan hapus dia dari kontak anda. Karena saya jamin, uang anda tidak akan pernah kembali.


10 Melaporkannya

Jika anda berpikir bahwa anda sudah menjadi korban penipuan, laporkan mereka ke website kencan online atau lapor ke pihak berwajib. Jangan lupa juga untuk memberikan bukti-bukti penipuan mereka. Karena tanpa bukti, anda akan dianggap gila atau bercanda.



Anda tidak akan pernah tahu secara pasti dan nyata mengenai profil pasangan kencan anda. Bisa jadi profil tersebut adalah salah satu cara penipuan cerdik yang sudah direncanakan. Waspadalah dari catfisher yang selalu mencari korban berikutnya untuk mereka mangsa. Dan jangan biarkan korban itu adalah keluarga, teman, atau bahkan anda sendiri.


-----------

Sekian dari saya. Semoga tips yang telah saya sampaikan di atas dapat membuka mata anda dalam melakukan proses pacaran atau kencan melalui media online.

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
10 Tips Menghindari Penipuan Saat Melakukan Kencan Online
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top