Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 02 November 2016

Dalam Dunia Blogging Menulis Tak Pernah Dibatasi - Asal Bukan Menyinggung SARA dan HOAX

Banyak orang beranggapan bahwa ketika menulis artikel blog harus sesuai ini dan itu. Hmm 'ini' dan 'itu', apa ya? Entahlah.

kebebasan berekspresi

Blogging itu semacam diary. Anda bebas menulis apapun di sana. Tak harus menurut si A atau si B, karena di sini pemilik maupun adminnya adalah diri anda sendiri. Jumlah kata tak terbatas, mau sedikit atau banyak. Penyampaiannya pun juga bebas, mau santai atau serius atau nyeleneh pun tak masalah. Intinya, semua tergantung diri anda sendiri.

Ketika ada pertanyaan:
Katanya keyword tujuan tidak boleh melebihi 5% jumlah kata per konten? Tuh ada batasnya.
Saya jawab:
Lha? Kalau itu jelas beda. Tujuan anda blogging saja juga sudah berbeda. Anda blogging karena uang, bukan karena hobi. Secara hakikat, blogging tak memiliki batasan apapun jika anda memang suka menulis.


Saya akui bahwa semakin ke sini hakikat blogging sendiri memang mulai berubah. Banyak diantara blogger mulai mengharap uang dari aktivitas ini. Makanya sekarang ini banyak blogger yang tidak membuat novel dari tulisan mereka. Itu lah perbedaan yang jelas blogging dulu dan blogging sekarang.

Dalam membuat blog adalah HAK disetiap pengurusnya. Mau ini lah, itu lah, asalkan tidak menyinggung SARA dan bukan HOAX atau Menipu saya rasa sah-sah saja. Toh, pihak penyedia platform blogging sendiri juga secara jelas menyatakan bahwa blog juga dapat menghasilkan pendapatan. Coba lihat bagian Ikhtisar / Overview / Dashboard di platform BLOGGER (milik google). Di sana anda akan melihatnya dengan jelas.

pemberitahuan ngeblog bisa dapat uang

Namun, jika anda menulis tanpa pamrih atau sekedar hobi, anda tak perlu merasa risih dan takut untuk menulis. Tak ada batas! Mau berbagi pengalaman pribadi, sekedar curhat, atau membuat surat terbuka kepada Kezaliman Pemerintahan, mau tulisan anda alay, lebay, acak-acakan, atau tak sesuai EYD, tidak masalah! Asalkan bukan SARA dan HOAX.


Mungkin yang sedikit ini sudah cukup untuk menyadarkan anda dalam melakukan aktivitas blogging (ngeblog). Suka-suka anda pokoknya!


Yang perlu anda tau!
Segala tulisan yang sudah anda publikasikan, anda harus siap bertanggung jawab jika suatu saat anda menerima komplain atau masalah hukum. Dan di sisi lain, anda juga harus rela apabila tulisan anda digandakan atau dicopas orang lain, karena internet adalah dunia yang kejam.


-------------

Sekian dari saya. Semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat. Amin.

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Dalam Dunia Blogging Menulis Tak Pernah Dibatasi - Asal Bukan Menyinggung SARA dan HOAX
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top