Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 30 November 2016

10 Syarat Menjadi Seorang Blogger

Ini adalah 10 syarat menjadi blogger yang perlu anda tahu dan sudah disahkan oleh saya sendiri selaku blogger abal-abal. Anda pun juga bisa membuatnya sendiri. Karena apa? Karena memang tidak ada peraturan UU resmi yang menjadi acuan. Dan karena memang dasarnya menulis bukanlah sesuatu hal yang tabu, bukan? Bahkan dari kecil saja orang tua atau guru kita sudah mengajari cara menulis yang baik supaya kedepannya kita tidak menjadi generasi buta huruf, ya kan?

blogging activity blogger writer

Tanpa basa-basi, inilah syarat-syarat yang harus anda penuhi. (Note! Tak apa-apa jika anda tidak mau mengikutinya. Karena sudah saya tegaskan pada paragraf sebelumnya bahwa syarat ngeblog memang tidak ada UU resminya. Jadi, anda tak perlu merasa khawatir atau gugup jika tidak melakukan syarat yang telah saya buat ini. LoL)


Lalu apa saja syaratnya?


1. Bisa membaca

Anda mungkin lupa-lupa ingat tetang ini. Dulu waktu kecil sebelum anda bisa menulis (bukan menggambar) pasti anda harus bisa membaca dahulu. Orang tua atau guru mendikte kita untuk bisa membaca dengan memperkenalkan huruf atau alfabet A-Z. Hingga kemudian kita disuruh mengeja sebuah kata lalu kemudian kalimat.
Ini Budi
Ini Ibu Budi
Ini Rumah Budi
Dimana Bapak Budi?
Setelah kita bisa mengenal huruf dan membaca, maka kemudian kita disuruh untuk menulis.


2. Bisa menulis di keyboard PC atau HP / mengetik

Tidak harus lancar kok mengetiknya. Pakai dua jari (telunjuk tangan kanan & kiri) saja sudah cukup kalau memang tidak fasih menulis dengan sepuluh jari jika itu sarananya keyboard Laptop / PC. Dengan kebiasaan aktivitas mengetik anda, lama kelamaan pun anda bisa menulis dengan 10 jari. Well kan?


3. Punya email

Ini sangat jelas sekali! Karena sekarang ini kalau mau daftar apa-apa via online pasti harus memasukkan email, makanya untuk jadi blogger anda juga wajib memiliki email. Dan jangan lupa untuk membuat password email yang susah dihack tapi mudah dihafal


4. Memiliki akun Blog

Platform / wadah untuk melakukan aktivitas blogging saat ini sudah lumayan banyak. Bahkan yang dulunya hanya penjual template dan kemudian laku keras, akhirnya mereka membuat platform blogging juga (Wix). Situs berita Indonesia juga ada lho (Blogdetik).

Platform yang paling terkenal dan populer bagi kalangan umum menurut saya pribadi hanya ada 3, yaitu: Blogger, Wordpress, dan Tumblr. Platform yang lainnya terkenal hanya untuk lintas negara, profesi, maupun bahasa. Tapi bukan berarti jika menggunakan jasa subdomain mereka SEO nya jelek lho. Jangan salah, ada platform blogging lainnya, yaitu Wagomu yang terindeks cepat di Google tanpa harus submit Webmaster Google lho. Bahkan jika anda sering mengikuti Kontes SEO, peserta yang menggunakan subdomain Wagomu malah berada di page 1 sesuai keyword yang dilombakan. Hebat sekali, kan.


5. Pandai merangkai kata

Kualitas konten / artikel perlu diperhatikan oleh para blogger. Hal ini dilakukan agar pengunjung baru bisa menjadi pelanggan setia anda atau mendapatkan sebuah jawaban yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Beberapa ciri konten yang berkualitas:
  • Tidak menipu (judul dan isi harus sinkron atau cocok)
  • Enak dibaca (tak perlu bahasa EYD)
  • Menjawab pertanyaan pengunjung
  • Tidak copy paste
  • Masuk akal
  • Dan masih banyak lagi
Apabila anda tidak bisa merangkai kata untuk saat ini, mungkin dengan seringnya anda membuat konten-konten baru, nantinya lama-kelamaan anda akan bisa melakukannya. Amin.


6. Dilarang CoPas (Copy Paste)

Dalam sebuah penelitian, orang yang suka mencontek pada akhirnya susah untuk menemukan ide alias pikirannya tumpul. Ini terjadi karena kemalasan seseorang dalam meraih sesuatu, sehingga cara kotor pun ia rela lakukan tanpa pernah mau menciptakan sebuah karya hasil jerih payahnya sendiri.

Jika anda ingin jadi seorang blogger profesional dan bukan sebagai blogger foto kopi, maka anda harus menjauhi atau menghindari kebiasaan copy paste / menyalin. Karena bisa jadi suatu ketika anda membaca headline dan melihat bahwa nama anda termasuk di dalamnya, contoh: "10 Blogger Berpengaruh di Indonesia ataupun Dunia" atau "10 Blogger Profesional yang Diakui Indonesia ataupun Dunia", keren sekali bukan? Makanya, jangan sekali-sekali copas.


7. Berani bereksperimen

Artikel yang disukai search engine antara 400 - 1000 kata. Apabila lebih, misal 1500 kata, maka silakan bagi dua dan buat halaman baru untuk part berikutnya (bukan halaman yang menggunakan script slideshow atau pagenav), jadi beda url.

Kenapa jumlah kata dalam setiap artikel yang jumlahnya lebih dari 1000 kata harus di bagi dua dan apa alasannya search engine menyukai yang seperti itu?
  • Pertama, informasi itu saya dapat saat membaca artikel blog milik orang asing (lupa milik siapa) yang telah berhasil mempraktekkan cara tersebut sehingga banyak artikelnya berada di page one.
  • Kedua, dalam keberhasilan itu, sebelumnya beliau telah melakukan banyak eksperimen untuk memastikan cara mana yang tepat dalam meningkatkan kualitas blognya, dan ternyata cara membagi dua itulah yang cocok dengan beberapa blognya.
  • Ketiga, saya bukan pegawai search engine manapun, sehingga saya tidak dapat mengetahui secara pasti alasan search engine menyukai blognya. Tapi yang pasti, menurut saya pribadi bahwa artikel buatannya memang berkualitas dan tampilan blognya pun enak dipandang.
Nah, itu artinya kita juga harus melakukan eksperimen agar blog kita disukai search engine dan para pengunjung kita. Entah merapikan desain template, mempercepat loading, merubah letak banner iklan agar diklik pengunjung, menambah kekayaan kata bahasa, dan eksperimen lainnya.


8. Tidak boleh Sombong dan Pelit Ilmu

Anda akhirnya meraih kesuksesan karena kegiatan blogging anda selama ini, sehingga anda mendapatkan penghasilan atau uang dari kegiatan tersebut. Bahkan artikel yang anda buat selalu bertengger pada halaman pertama SERP, saingan anda pun hanya bisa geleng-geleng kepala merasa kagum karena kepandaian anda dalam melakukan teknik SEO.

Seandainya itu benar terjadi, maka anda diwajibkan untuk tidak menjadi sombong dan malah pelit ilmu. Jika anda mengaku orang beragama tapi tetap melakukannya (sombong dan pelit ilmu), bisa dipastikan bahwa suatu hari TUHAN akan mengambil kembali rezeki-rezeki yang telah TUHAN berikan kepada anda, dan anda pun hanya bisa merengek atau bahkan bunuh diri. Naudzubillah deh.

Berbagi itu indah lho guys. Harta, ilmu, tenaga, bahkan senyum anda pun jika dibagikan kepada orang lain feedback-nya akan selalu positif untuk diri kita. Bahkan kebahagiaan kita akan dikali lipatkan dari kebahagiaan sebelumnya. Nggak percaya? Silakan anda lakukan sebelum menjudge saya bohong. Lol. Yang perlu anda tahu! Anda harus IKHLAS dalam menjalani indahnya berbagi.


9. Anti banting

Perlu anda tahu bahwa ngeblog tidak semudah yang dikatakan orang-orang.
Tinggal tulis berapa kalimat kemudian posting, sudah selesai.
Boleh sih beranggapan seperti itu, tapi yang perlu anda tahu juga bahwa aktivitas blogging yang keseringan dapat membuat candu para peminatnya. Bahkan ada efek buruk dari aktivitas blogging ini, yaitu dapat merusak tubuh, kejujuran, iman, dan kewajiban lainnya. Jadi, anda harus bisa melawan hawa buruk yang muncul dalam setiap melakukan kegiatan blogging, agar nantinya anda tidak menyesal dikemudian hari.

Tentunya anda harus tahan banting. Jika tujuan blogging anda hanya karena materi atau uang, jangan pernah kecewa atau merasa rugi jika ternyata dalam setahun bahkan lebih anda tidak pernah mendapatkannya. Karena blogging memang tak segampang seperti orang-orang bilang guys. Tolong jangan bertindak bodoh ya guys, agar nantinya anda tidak merasakan kesakitan yang perih dan membuat anda jadi gila. Kejujuran anda dipertaruhkan disini.


10. Berani Bertanggung Jawab

Tanggung jawab disini adalah saat anda berani mempostingkan sebuah artikel kemudian anda publikasikan kepada publik maka anda harus bersiap-siap menanggung risiko atas tulisan anda. Ingat! Jarimu adalah Harimaumu. Jangan asal tulis apalagi sebuah konten yang menyinggung keributan, entah: SARA, Politik, dan HOAX.


Nah, itulah tadi 10 syarat yang perlu anda ketahui jika ingin menjadi seorang blogger (Sumbernya dari saya pribadi).

Semoga dari apa yang telah saya sampaikan ini bermanfaat untuk anda semua, khususnya kepada calon blogger yang mau melakukan aktivitas horor ini. Lol. Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngelog Asyikk \^o^/
10 Syarat Menjadi Seorang Blogger
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top