Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 18 Januari 2017

10 Cara Meningkatkan Viewer / Pengunjung Video Youtube

Kali ini saya akan share sebuah riset saya dalam memperbanyak viewer, bahkan juga bisa mendapatkan subscriber atau penonton setia.

Note! Cara ini juga belum tentu berpengaruh dengan video anda. Karena disini faktor X (bejo) juga berpengaruh. Dan cara yang terakhir (nomor 10) belum pernah saya terapkan, tapi anda boleh mengikutinya.
Viewer up penonton youtube meningkat
Oke! Langsung saja ya guys. Soalnya lagi males nulis panjang-panjang. Tapi suatu hari bakalan saya lengkapi atau tambahi lagi caranya.


1. Video harus kualitas HD

Jangan asal upload video kalau kualitasnya di bawah HD / minimal 720p. Karena youtube suka yang HD dan pengunjung manusia juga.

Tapi anda bisa mensiasati supaya video anda terbaca HD yaitu dengan bantuan aplikasi video pastinya. Nanti video anda yang kualitas awalnya hanya 480p, tinggal anda save ke pilihan HD / 720p. Siasat ini hanya berlaku untuk youtube, tapi kalau untuk para pengunjung saya nggak jamin.

Cara ini dapat mendongkrak peringkat video anda dalam pencarian di youtube.


2. Thumbnail / Gambar Cover harus menarik

"Jangan lihat isi dari sampulnya", kalimat barusan tidak berlaku untuk video youtube. Karena cover disini juga memang bermain, tapi efeknya hanya khusus untuk para pengunjung. Jadi, buatlah cover yang menarik.


3. Judul dibuat menarik

Selain cover, judul juga berpengaruh. Judul bagaikan obat bius di sini. Tapi saya sarankan untuk tidak menipu! Nanti judul dan isinya berbeda, yang ada malah mendapat banyak dislike dan tingkat kepercayaan status channel anda bisa turun (banned deh).

Semakin banyak yang ngelike, semakin naik juga peringkat video anda dalam pencarian youtube.


4. Berikan deskripsi pada setiap video yang di share

Deskripsi video juga ikut andil dalam SERP youtube. Semakin banyak dan terkait dengan judul, maka semakin baik pula penilaiannya di mata youtube.

Hindari deskripsi yang semacam spam (terlalu banyak diulang). Karena kalau saya cermati, video yang seperti ini makin ke sini makin banyak yang SERPnya menurun (malah ada yang kena suspend).


5. Isi label atau tags

Label/Tags jangan dianggurin, karena ini juga dapat membantu menaikkan peringkat video anda. Yang pasti isinya harus sesuai topik atau judul video ya.


6. Jangan reupload

Soalnya percuma juga sih. Toh ini juga bisa kena ban permanent maupun suspend kalau pemilik aslinya melakukan banding. Udah menghabiskan waktu reupload tiba-tiba kena banned, nyesek. Ya itu resikonya kalau asal comot tanpa permisi dulu sama tuannya.

Nah, kalau anda mau reupload video lihat-lihat dulu ya. Kalau video yang sama hanya sedikit (misal baru ada satu) itu bisa laris manis, tapi kalau sudah banyak, ya jangan! Seandainya sudah menemukan target, sebisa mungkin di edit dulu, jangan asal download terus diupload lagi. Sebaiknya anda edit dahulu (misal: menambah pembuka / penutup, mengisi properti video sebelum diupload, dan memberikan watermark pada video yang anda ingin reupload).


7. Embed / tempelkan ke blog

Kalau anda pernah liat video berada di sebuah artikel web/blog, itu merupakan salah satu cara dalam memperkenalkan channel youtube mereka (kecuali video yang diambil dari channel orang lain). Atau bisa anda tempelkan pada bagian menu follow, karena tiap situs pasti ada yang menampilkan link channel youtubenya disitu.

Kalau anda punya blog, maka cara ini juga harus dilakukan. Karena siapa tau ada pengunjung blog yang penasaran dan alhasil surfing ke channel youtube anda. Lumayan kan? Toh cara ini juga sudah saya gunakan kalau anda mau surfing blog saya ini, karena cara ini juga terbukti ampuh menurut saya pribadi.


8. Bagikan video ke media sosial

Anda bisa membagikannya ke dalam akun pribadi, fanspage, atau grup-grup yang ada ikuti. Tapi jangan SPAM! Maksimal satu hari satu video saja. Untuk mempermanis dan biar dikunjungi, berikan caption yang bikin penasaran.


9. Tempelkan link channel di bio social media

Fitur Bio (lengkapnya biografi) di dalam social media semakin ke sini makin lengkap. Bisa share link, foto unggulan, dan pastinya deskripsi diri anda. Nah, jangan disia-siakan ya!


10. Beriklan ke google adwords

Beriklan di google adwords adalah salah satu cara keberhasilan anda. Coba kita tengok tiap iklan yang ada dalam video anda atau orang lain (jika dimonestasi). Pasti beberapa iklan tersebut ada yang menyambungkan pada channel youtube mereka. Nah, siapa tau anda juga dapat menerapkannya dan keberhasilan meraih viewer bukan hal yang yang sulit. Tapi, anda harus wajib bayar lho. Untuk biayanya silakan anda daftar ke google adwords dahulu.


Nah, itu tadi sepuluh cara yang dapat digunakan agar penonton / viewer video youtube channel anda bertambah banyak.


------------

Sekian dari saya, semoga artikel saya kali ini bermanfaat. Amin.

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
10 Cara Meningkatkan Viewer / Pengunjung Video Youtube
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top