Sunday, January 15, 2017

8 Kesalahan Perokok Sebelum / Saat Merokok yang Perlu Anda Tahu

Berhubung saya (admin) juga seorang perokok aktif (kira-kira 6 tahunan), saya ingin memberikan beberapa kejadian atau tindakan fatal (tapi juga lucu) bagi perokok dalam merokok, entah sebelum atau saat merokok.

Yang saya bahas bukan yang elektrik, tapi yang manual. Bukan juga vape atau vapor! Karena vape/vapor itu bukanlah rokok, hanya modelnya saja yang sama (sama-sama mengeluarkan asap, tapi tolong bisa dibedakan ya guys). Perbedaan rokok dan vapor akan saya bahas lain waktu atau bisa anda baca di situs lain, tapi saya tau bahwa anda sudah cerdas soal yang satu ini dalam membedakannya.

Perokok aktif merokok di gunung keluar asap

Oke. Tanpa banyak basa-basi lagi, silakan dibaca baik-baik kesalahan sebelum atau saat merokok.


A. SEBELUM MEROKOK

1. Tidak punya rokok

Kalau nggak punya rokok ya beli, belinya sebungkus atau batangan di warung aja. Nggak usah gengsi terus beli di minimarket yang jelas-jelas harganya lebih mahal daripada di toko kelontong. Di toko kelontong malah bisa ngecer (beli batangan) dan nggak takut kalau duitnya kurang. Perokok kok gengsian? Nggak usah merokok aja tot!


2. Lupa bawa korek api

"Mas bisa pinjam koreknya?". Pernah ada orang atau anda sendiri mengatakannya saat nggak bawa korek api pas mau menyalakan rokok? Saya juga kok tenang aja. Kalau dipikir sih lucu juga, padahal kita tau bahwa korek api adalah teman abadinya rokok, tapi tetap saja kelupaan buat bawa korek api. Lupa atau kesalahan? Ya tetap saja kesalahan, lupa kok dibiasakan. Lol 😂


3. Asal membeli merek rokok

Niatnya hanya coba-coba, entah karena baru rilis atau bawa uang seadanya. Alhasil karena merasa tidak enak, hanya dibiarkan saja dan beli lagi yang baru atau rokok hasil coba-coba itu diberikan pada teman yang sama-sama merokok.


4. Menghidupkan rokoknya terbalik

Kalau rokok kretek menikmatinya dibalik ya nggak masalah karena memang tidak ada filternya. Lha kalau yang ada filternya terus menghidupkannya malah pas di filter ya jelas nggak enak, rugi malah rasanya. Entah alasan nggak fokus atau gimana, tetap aja ini kesalahan yang fatal. Lol


B. SAAT MEROKOK

5. Pakaian bolong akibat terkena sisa pembakaran rokok

Ini konyol dan bikin kesal. Apalagi kalau pakaian yang bolong adalah pemberian orang tercinta atau tokoh masyarakat, kalau ditanya, "Kok nggak dipakai sih bajunya?", pasti jawabnya serba ngeles (entah, baru dicuci atau lupa). Ekwwkwkw lucu yak 😝


6. Menaruh rokok di atas korek api gas

Pengalaman - Pernah pas main game di gamenet saya taruh rokok saya di atas korek gas. Karena terlalu fokus ke game, tiba-tiba di depan saya muncul semburan api. Saya kaget dan samping saya juga kaget. Setelah saya sadar, ternyata sumbernya gara-gara saya naruh rokok di atas korek api gas. Korek gasnya bolong dan rokoknya kebakar.

Untung saja saya mainnya di lantai atas, jadi nggak satu lantai sama OP. Mungkin kalau satu lantai sama OP bisa kena marah kalau dia tahu. Lol deh pokoknya. Ini salah satu pengalaman berharga saya pribadi agar hati-hati lagi waktu naruh rokok pas posisi hidup.


7. Merokok di area Dilarang Merokok

Pengalaman - Kejadiannya di suatu mall jogja. Mungkin ini kebiasaan saya pribadi kalau merokok asal aja. Yang penting bukan di kamar mandi (pengap soalnya).

Karena nggak tahan, terus hidupin rokok deh di situ. Tau-tau datang bapak-bapak (petugas keamanan,) terus bilang ke saya, "Mas, di sini bukan area merokok. Itu ada tandanya! Rokoknya mohon dimatikan". Untung bapaknya baik, kalau nggak, pasti saya bakal disuruh makan itu rokok. Lol.

Buat pelajaran aja guys! Kalau merokok lihat-lihat dulu, ada tanda-tanda dilarang merokok atau tidak. Daripada nanti kena tampol atau kritikan pedas ibu-ibu hamil. 😄 Nyahahaha


8. Puntung rokok tidak dimatikan sebelum dibuang

Pernah baca atau lihat berita tentang kebakaran yang terjadi di pertamini #eh tempat jual bensin eceran kebakaran gara-gara puntung rokok? Kalau belum baca aja (search google biar cepet).

Kesalahan kita (perokok aktif) yang kadang-kadang langsung buang puntung rokok secara asal tanpa pernah mematikan baranya. Besok lagi kalau buang puntung rokok, dimatikan dulu baranya (celupin ke air biar afdol). Kasihan sama orang jalan terus menginjak bara kita, apalagi kalau jalannya nggak pakai alas kaki, #huaaahh panasssss jingkrak-jingkrak sambil teriak kicauan binatang dan menyumpahi si perokok asal. Lol.


Nah. Itulah tadi 8 kesalahan perokok saat sebelum atau saat merokok. Bisa dibilang konyol juga sih. Wekekeek 😝


-----------

Sekian dari saya. Semoga apa yang saya tulis ini bisa jadi pembelajaran buat kita (perokok aktif) kedepannya.

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
8 Kesalahan Perokok Sebelum / Saat Merokok yang Perlu Anda Tahu
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -