Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Senin, 30 Januari 2017

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Muncul Pada Blog

Banyak para publisher merasa bingung ketika script adsense sudah dipasang di blog, tapi setelah di cek ternyata tidak kunjung tampil atau blank. Alhasil pada akhirnya mereka bertanya di grup adsense atau grup blogger mengenai permasalahan yang mereka hadapi ini, walau sebenarnya saya akui sudah banyak yang posting dan mereka tinggal baca-baca saja di situs orang dalam pencarian mesin google atau web resmi adsensenya langsung.

adsense blank kosong warna kuning
source image: lafonceur.blogspot.com

Setelah saya mencoba melakukan eksperimen dengan beberapa blog saya, hal ini memang ada sebab penyebabnya. Nah, untuk menjawab atas pertanyaan atau rasa kebingungan anda, saya akan sampaikan alasan atau penyebab dan bagaimana cara mengatasi (berdasarkan pengalaman pribadi dan web resmi AdSense) iklan google adsense tidak tampil padahal sudah pasang script atau kode di blog maupun telah mengaktifkan fitur adsense pada tata letak blogger. Baca dengan seksama!


1. Hak menjadi publisher AdSense belum disetujui sepenuhnya

Dalam melakukan persetujuan terhadap publisher yang ingin mengaitkan iklan dengan blognya, google menerapkan 2 langkah tahap review. Ketika anda diterima pada tahap pertama, maka pada tahap kedua anda akan disuruh untuk memasangkan script AdSense dalam blog yang telah disetujui (inilah tahap yang paling menentukan). Setelah scriptnya anda pasang, maka jangan kaget apabila muncul blank atau background warna kuning di blog anda (biasanya begitu). Nah, tunggu 1 - 7 hari sampai iklannya muncul. Apabila iklannya sudah muncul dan durasi tampilnya ternyata juga lama (misal sampai seminggu atau sebulan) berarti itu tandanya bahwa anda telah disetujui sebagai publisher.

Penyebab anda tidak disetujui pada review kedua karena merubah desain template, maka itu ketika review kedua berlangsung jangan rubah apapun desain template anda. Diamkan saja sampai iklannya muncul dan durasi tampilnya lama dulu.


2. Akun anda terkena ban maupun suspend

Jika akun AdSense anda terkena penalty entah berupa ban permanen maupun suspend (ditangguhkan), otomatis iklan tidak dapat muncul.

Beberapa penyebab pinalty, diantaranya: klik iklan tidak valid (entah mengeklik sendiri atau dijaili orang sirik), menyatukan iklan pop ads dalam satu blog, pasang script AdSense berlebihan (*normalnya 30% per halaman), dan share kode iklan di media sosial. Supaya anda tidak terkena pinalty, tolong ikuti TOS google AdSense ya.

*persentase berdasarkan opini pribadi


3. Script tidak bekerja

Jika masih belum muncul juga, coba anda cek kembali script anda. Siapa tau ada kesalahan dalam pengopian kode, sehingga scriptnya kurang lengkap atau malah berlebihan. Namun ada juga lho kejadian dimana kode iklan yang dipasang di bagian <body> tidak muncul karena script belum diparsekan.

Solusinya ya harus anda cek ulang kodenya. Kalau sudah sesuai, silakan parse dahulu dengan tools khusus parse script. Lalu silakan kode hasil parsenya tadi anda pastekan ke dalam <body>. Dan silakan Save template yang baru saja anda edit.


4. Ekstensi AdBlock aktif

AdBlock merupakan ekstensi paling populer digunakan para peselancar di dunia searching lewat internet. Ketika ekstensi ini aktif, ya jangan kaget jika iklan anda tidak terlihat. Karena fungsi ekstensi ini memang untuk mencekal atau menutup jalan pengaksesan script iklan anda.

Cara mengatasi, ya anda tinggal menonaktifkan AdBlock anda. Very very simple guys!


5. Koneksi Internet Lemot

Wah, ini yang sering saya alami ketika mengecek blog via ponsel di luar rumah. Koneksi internet lemotnya bukan main, padahal sudah 4G, bikin kesal dan bahkan marah-marah sendiri kayak orang bego. Karena saking lemotnya, iklan kadang tidak muncul. Namun ketika dibuka di daerah koneksi internet yang lancar, ya iklannya muncul.

Solusi? Sudah jelas bahwa anda harus membukanya di daerah high internet connection.


6. Mengakses dengan UC Browser

UC Browser diciptakan penciptanya agar user friendly dan hemat kuota internet. Nah, dengan demikian oleh penciptanya browser ini disetting secara default atau bawaan dengan mengaktifkan fitur anti javascript. Yang artinya bahwa setiap script yang dipasang di sebuah situs akan dicekal saat diakses dengan browser ini. Dengan begitu script iklan dalam blog kita tidak akan ditampilkan.

Cara mengatasi, nonaktifkan fitur anti javascript di bagian Setting-an browser ini.


7. Akun AdSense berstatus Hosted

Jika akun adsense anda hanya berstatus Hosted, maka ketika anda pasang pada blog berdomain TLD maka iklan tidak akan muncul. Akun yang berstatus Hosted hanya dapat memunculkan iklan AdSense pada Mitra Google saja. Mitra google Adsense adalah Blogger (subdomain harus .blogspot), Youtube, AdMob, dan Kemitraan khusus lainnya.

Solusi jika ingin iklan tampil di blog domain TLD, anda harus melakukan pengajuan terlebih dahulu. Untuk melakukan pengajuan anda bisa langsung masuk ke bagian menu My Ads > Other Products.


8. Terlalu banyak script dalam template

Awal ngeblog saya memang senang menghiasai blog dengan bermacam-macam script widget, entah: diberi salju, mouse anak panah, burung twitter, dan lainnya. Saya pun akhirnya tersadar bahwa itu tak berguna dan hanya memperbesar size blog. Karena keberatan size, loading blog pun juga jadi berat saat diakses. Script iklan AdSense pun jadi susah terload. Apalagi ditambah penilaian ranking oleh search engine google saat ini yang menyatakan bahwa situs yang jika diakses atau dibuka semakin cepat maka rankingnya juga ikutan dinaikkan (tanpa mengurangi teknik SEO offpage dan onpage lainnya).

Untuk bagaimana cara mengatasi ya tinggal hapus saja script yang menurut anda tak berguna dan malah menjadi beban template. Buatlah desain yang simple dan anda hanya butuh bermain warna desain dengan css saja.


9. Iklan tidak tersedia untuk topik konten anda

Bisnis memang bermacam-macam, tapi apa iya tiap perusahaan beriklan di Google Adword semua? Tidak kan. Makanya, apabila topik konten artikel tidak sesuai dengan topik para pengiklan maka otomatis iklan juga tidak tampil disana.

Solusi. Silakan anda tulis konten yang topiknya populer. Jangan sampai campur aduk seperti blog ini ya guys. Untuk menemukan topik populer, anda bisa searching di situs-situs yang berada di pencarian google.


10. Akun ditutup oleh admin (diri kita sendiri)

Hal ini terjadi pada diri saya pribadi dan baru-baru ini. Ketika saya iseng mau buat tutorial cara tutup dan buka akun GA, eh pas mau dibuka malah disuruh review ulang blog saya. Malah jadinya ditolak mulu dengan alasan Navigasi Sulit. Alhasil blank semua deh iklan saya walau sudah paste script iklan GA di blog ini.

Untuk solusi, saya belum menemukan. Soalnya masih proses pembenahan berdasarkan alasan pihak GA menolak blog ini saat tahap review.



Nah jadi seperti itulah alasan atau penyebab iklan tidak muncul dan bagaimana cara mengatasinya yang dapat saya sampaikan. Apabila kurang jelas atau mau menambahkan, silakan beri komentar.


Sekian dari saya, semoga sedikit informasi dalam artikel ini bermanfaat maupun menambah wawasan anda. Amin! Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
10 Penyebab dan Cara Mengatasi Iklan AdSense Tidak Muncul Pada Blog
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top