Saturday, February 25, 2017

Bayar Pajak Kendaraan 1 Tahunan Tidak Perlu Bawa BPKB Cukup Bawa KTP & STNK + 1 Fotokopi Saja

Apa saja surat-surat atau kelengkapan yang harus dibawa atau disiapkan saat ingin membayar pajak STNKB (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) 1 Tahunan terbaru?

Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Bagi anda yang bayar pajak STNKB awal tahun ini mungkin bakal kaget, karena anda akan dipanggil kedepan oleh petugas pajak bagian pendaftaran setelah anda menaruh kelengkapan surat-surat di dalam wadah antrian pendaftaran. Tapi tak perlu gemetaran ya, karena petugas hanya akan mengembalikan BPKB asli dan fotokopiannya. Soalnya ini adalah perubahan kewajiban kelengkapan terbaru untuk pajak satu tahunan yang sudah disahkan pada akhir tahun kemarin (2016), khususnya pembayaran pajak STNKB.

Untuk perubahannya, ya itu tadi. Anda hanya disuruh menaruh:
  • 1 buah KTP / SIM / Tanda pengenal lainnya + Fotokopi
  • 1 buah STNK + Fotokopi
Sedangkan untuk BPKB + fotokopi sudah tidak diperlukan lagi. Jadi, anda tak perlu membawanya saat mau pembayaran pajak satu tahunan, simpan saja di rumah.

Untuk alasan kenapa BPKB sudah tidak digunakan kembali, saya kurang tau dan belum tanya langsung. Coba anda googling saja untuk mencari alasan pastinya.

Untuk kelengkapan atau surat-surat pajak yang 5 tahunan, masih sama seperti tahun sebelumnya. Tapi ingat! Harga sudah mulai berubah alias bertambah, jadi ketika anda mau pajak bawa uangnya harus lebih atau jangan mepet-mepet seperti tahun kemarin. Karena penambahan biaya ini sudah diberlakukan pada awal tahun ini, tepatnya 6 Januari 2017. Dont forget! Untuk informasi penambahan biaya, anda juga bisa googling juga.

Baca juga:

Informasi ini saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi. Jika ada perubahan terbaru dalam kelengkapan pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor akan saya update kembali.

Sekian dari saya. Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngelog Asyikk \^o^/
Bayar Pajak Kendaraan 1 Tahunan Tidak Perlu Bawa BPKB Cukup Bawa KTP & STNK + 1 Fotokopi Saja
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X