Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Senin, 13 Maret 2017

7 Cara Menebak Arah Mata Angin Di Jogja, Gampang Banget!

Jika anda (orang luar jogja) khususnya yang sering bilang jogja adalah jawa kemudian main-main ke jogja dan anda bingung tentang menentukan arah mata angin atau kiblat di kota ini, ada tujuh cara khusus supaya anda tidak lagi buta arah atau tersesat.

Caranya mudah banget!

Menentukan Mata Arah Angin Kiblat di Yogyakarta

1. Pergi ke Masjid

Ingat! Kiblat selalu condong mengarah ke barat. Jadi, anda bisa menyimpulkan sendiri. Jangan lupa sholat dua rakaat (tahiyatul masjid) kalau sudah sampai masjid, khususnya yang muslim dan tidak 'berhalangan'.

2. Lihat Gunung bukan Pegunungan

Gunung Merapi memiliki tipe strato atau bentuk mengerucut. Ketika berada di jogja dan anda melihat sebuah Gunung (Merapi) atau dua (yang satu samar-samar di belakang = Gunung Merbabu), berarti anda sedang melihat arah utara. Nah, simpulkan sendiri. Cara ini bisa anda terapkan ketika berada di Masjid Plaza Ambarukmo, Tebing Breksi, Bukit Bintang, dan spot-spot lainnya yang bisa untuk melihat langsung (tanpa halangan) Gunung Merapi.

3. Melihat Pegunungan yang memanjang

Apabila anda baru turun dari pesawat di bandara Internasional Adisucipto, pasti beberapa ada yang secara tidak sengaja melihat pegunungan yang memanjang. Nah, pegunungan yang memanjang itu jika dilihat dari bandara posisi mata anginnya ada di selatan. Silakan simpulkan sendiri.

4. Cek kompas

Setiap jalan-jalan ke luar daerah, jangan lupa untuk bawa kompas. Tenang, tidak harus beli kompas secara fisik. Anda bisa download aplikasi kompas lewat hp smartphone. Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Compass 360 Pro (kalau belum dihapus). Namun seandainya anda tidak punya smartphone, silakan pelototin terus bayangan tiang atau kayu yang berdiri tegak dari pagi sampai sore. Nah, bayangan tiang itu yang nantinya akan menunjukkan arah mata angin untuk anda. Haha lol.

5. Main ke pantai

Hampir seluruh pantai yang ada di jogja condong menghadap arah selatan dan hanya ada satu yang condong ke arah barat, yaitu Pantai Wediombo. Jadi, dari spot ini anda bisa juga menebak arah mata angin dengan tepat.

6. Mampir ke 0 KM

Apabila anda berada tepat di perempatan 0 KM kemudian anda jalan kaki ke arah Malioboro, berarti anda sedang mengarah ke arah utara. Sebaliknya, jika anda jalan kaki dari 0 KM ke Keraton Jogja, berarti anda sedang menuju arah selatan.

7. Tanya Orang

Berhubung saya sudah tidak ada ide lagi, monggo langsung saja anda tanyakan sama orang sekitar mengenai arah. Diutamakan kepada manusia yang sudah lumayan tua, jangan ABG (admin trauma tanya jalan sama anak ABG, yang ada malah menyesatkan).


Nah, itu tadi 7 cara bagaimana anda dapat dengan mudah mengetahui arah mata angin ketika sedang jalan-jalan atau liburan ke jogja. Semoga bermanfaat. Amin!

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata salam Ngeblog Asyikk \^o^/
7 Cara Menebak Arah Mata Angin Di Jogja, Gampang Banget!
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top