Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Jumat, 31 Maret 2017

Cara Mengatasi Duplikat Blogspot.com dan Blogspot.co.id di SERP Google

Jika anda melihat di SERP google dan menemukan blog anda mengalami duplicate url content antara blogspot.com dan blogspot.co.id, saya sarankan kepada anda untuk tetap tenang dan stay cool. Karena fenomena tersebut bukan anda saja yang mengalami, saya dan banyak blogger lainnya yang memiliki subdomain blogspot pun juga sama-sama mengalaminya.
double domain region blogspot
Bagaimana cara mengatasi agar tidak terjadi duplikasi domain? Tidak ada cara lain, selain (1) anda menghapus blog anda, (2) menyetel blog anda secara privat agar tidak terindeks search engine google, dan (3) upgrade domain ke TLD. Itu kalau anda mau, Lol.

Sebenarnya masalah itu adalah (bug) bot google dalam merayapi situs kita yang notabene redirect otomatis sesuai regional atau negara masing-masing. Jadi, akan ada waktunya penyeleksian (entah kapan) antara kedua domain tersebut. Nanti diantara kedua domain tersebut akan dipilih salah satu oleh bot untuk tetap tampil disana dan yang satunya akan noindex. ~ opini pribadi

Sekedar info! Walau sudah dilakukan seleksi, ternyata kejadian ini bisa muncul kembali dengan artikel lama. Mungkin google sedang update algoritma terupdate jadi bug-bug seperti ini bisa saja terjadi.

Cara Menyikapi - Biarkanlah pihak mereka (blogger atau google) yang mengatasi masalah ini. Kita kan hanya numpang gratis, jadi tak perlu marah-marah dengan pihak mereka akibat duplikasi domain itu. Apabila masalah ini belum terselesaikan dengan jangka waktu yang lama, silakan anda melakukan 'report' (pelaporan) dengan screenshot masalah anda dan kirimkan ke pihak mereka. Atau bisa gunakan fitur report (SEND FEEDBACK) yang berada di bagian menu bawah browser anda (via dekstop).

Efek - Jika saya cermati sepertinya tidak ada dampak buruk yang signifikan. Bahkan malah cenderung baik. Di SERP pun jika habis diseleksi dan mengalami penurunan, paling jatuhnya juga tidak sakit-sakit amat kok. Jadi tenang saja.

Tips - Daripada anda mengurus masalah bug google bot ini lebih baik anda update artikel baru. Tak perlu khawatir, karena jika anda terlalu mengawatirkan masalah ini (yang jelas-jelas bug) maka jangan menyesal apabila anda akan tertinggal jauh dari kawan blogger anda.

Jika anda masih tidak yakin dengan informasi saya ini anda boleh mencari referensi lainnya di situs lain maupun bertanya secara langsung dengan seseorang yang anda anggap berkompeten dengan masalah ini.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat. Amin!

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Cara Mengatasi Duplikat Blogspot.com dan Blogspot.co.id di SERP Google
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top