Wednesday, April 12, 2017

Template Support AMP Tidak Wajib Digunakan Karena Hanya Sebagai Alternatif Mobile Friendly

Apakah google mewajibkan setiap situs menerapkan AMP?

logo site blog support amp

Ini resmi jawaban saya (admin) pribadi:

Google tidak mewajibkan dan tak akan pernah mewajibkan sebelum platform blogger dirubah seperti platform wordpress dahulu. Jika google mewajibkan AMP pada saat ini jelas banyak blogger di seluruh dunia yang sudah lama menggunakan platform blogger bakal protes dan bahkan membuat petisi pada pihak google. Yang pada akhirnya platform blogger tidak akan laku dan gulung tikar.

Kita tau bahwa saat ini pengguna platform blogger yang templatenya ingin support AMP 100% harus merubahnya secara manual, terutama pada gambar. Apabila ada 1000 postingan dan tiap post ada 2 gambar, jelas ini sangat melelahkan untuk dirubah semua. Apalagi yang pengurusnya hanya satu orang dan malas-malasan seperti saya ini, semakin jelas bahwa blog bakal gagal update artikel baru gara-gara hanya membenahi gambar.

Kalau masih ragu, gini saja. Coba anda lihat situs-situs resmi milik google (adsense, analytics, gmail, dll) di SERP via mobile, apakah semua ada 'tanda petir' (AMP support)? Pasti banyak yang tidak ada. Karena memang nyatanya google tak pernah mewajibkannya. Jika anda baca situs resminya Project AMP, yang ada hanya sebatas alternatif mobile friendly.

Misi search engine google terbaru adalah semua website harus cepat diakses oleh pengguna via mobile (mobile friendly). Dan bahkan sudah dituliskan secara resmi disalah satu postingan blognya bahwa mobile friendly menjadi salah satu pendongkrak peringkat di SERP google.

Anda harus tau bahwa untuk menciptakan situs yang mobile friendly tidak hanya merubah template agar support AMP saja. Sekedar merubah template menjadi responsive, fast loading, dan https, itu semua sudah cukup. Jadi, bagi anda (pengguna platform blogger) tak perlu capek-capek edit satu persatu gambar lagi. Untuk kedepannya anda hanya perlu melakukan compress gambar saja.


Sekian yang dapat saya sampaikan. Anda boleh percaya atau tidak dengan tulisan saya ini. Dengan begitu anda saya suruh untuk mencari referensi di tempat lain.

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Template Support AMP Tidak Wajib Digunakan Karena Hanya Sebagai Alternatif Mobile Friendly
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X