Jumat, 23 Juni 2017

Artikel Hasil Copy Paste Tanpa Izin Tidaklah Berkah

Sebenarnya saya sudah membahas masalah copy paste di beberapa artikel berkategori BLOG dalam blog ini, karena kebiasaan ini berdampak buruk pada 'pemiliknya' (si copaser). Kalau nggak percaya silakan cek aja sendiri atau bisa lewat kolom pencarian dengan keyword 'copy paste'.

Sengaja menulis artikel ini karena baru saja saya menemukan kasus di grup blogger facebook, dimana si copaser ketahuan oleh pemilik aslinya dan alhasil blog sang copaser dihapus. Sungguh mengharukan dan sungguh-sungguh terjadi.

Artikel Hasil Copy Paste Tanpa Izin Tidaklah Berkah

Bicara soal kegiatan copy paste atau plagiat sendiri, sebenarnya dari dulu sudah banyak terjadi. Bahkan salah satu pihak TV swasta NET.TV telah membuat surat terbuka dalam websitenya mengenai bab ini, dimana pihak NET akan melaporkan copaser yang ketahuan pada pihak berwajib.

Aksi copas bukan hal yang sepele lho guys. Di negara maju, khususnya eropa, banyak copaser yang sudah masuk bui dan harus bayar denda sampai milyaran karena sikap mereka. Anda mau jadi buronan interpol, hanya gara-gara copas?

Lalu muncul pertanyaan, "Kalau begitu, sebenarnya melakukan copas boleh apa tidak sih?" Saya jawab, "Boleh asalkan sudah diperbolehkan oleh pemilik konten aslinya. Kalau tidak, ya tidak boleh." Lol, bijak sekali ya saya? Lha memang begitu seharusnya guys.

Dampak Buruk Copy Paste

Menurut penelitian, kebiasaan copy paste atau mencontek tanpa mengedit maupun mengembangkannya kembali, dapat menutup daya kreativitas seseorang. Bayangkan saja apabila kita tidak memiliki kreativitas, otak bekerja layaknya cip milik robot. Tipe manusia robot kebanyakan hidup hanya sebagai bawahan atau pegawai dan cenderung berpikiran pendek. Orang bersumbu pendek inilah yang mudah terpengaruh akan isu hoax tanpa pernah mau melakukan penelitian sendiri, bisanya cuma nyinyir dan dikit-dikit ngeluh, naudzubillah.

Artikel Hasil Copy Paste Tanpa Izin Tidaklah Berkah

Secara, anda tinggal salin tulisan orang - terus dipaste ke blog milik pribadi - terakhir, tekan tombol publish. Copas artikel orang sebanyak-banyak lalu dalam sehari 100 post bahkan lebih bisa tersaji di dalam blog. Enak ya? Enak dong, tapi. Ada tapinya lho!
Segala pengambilan sesuatu apapun tanpa pernah meminta izin pada pemiliknya adalah tindak pencurian. Dan kegiatan ini bisa dihukum pidana.
Jika anda mengaku orang beragama tapi suka nyolong hak seseorang tanpa seizinnya, ya percuma saja. Bagaikan makan pizza tapi hanya hologramnya saja, mana kenyang coba? Sudah deh nggak perlu ngeles A - Z, kalau salah ya ngaku salah aja. Katanya cowok, tapi kok nggak punya kemaluan gitu ya? Jujur itu hebat!

Contohnya saya, saya mengaku kalau pernah copas artikel orang. Tapi itu dulu, sekarang enggak. "Alasan berhenti copas?" Kapok guys, pikiran nggak tenang, dapat duit haram malah cepat ludes tak tersisa wujudnya, duitnya pun juga nggak bisa dibanggakan, serta masih banyak alasan tak mengenakkan lainnya. Ini saja masih nggak tenang mengingat beberapa gambar (bukan artikel) dipostingan blog ini masih nyomot punya orang. Anda nggak percaya? Oh tunggu saja ya guys, nanti juga bakal dapat giliran kok, lol.


Jujur deh, sebenarnya anda ini (copaser) kagum kan sama pemilik artikel aslinya? Nggak perlu ngeles, karena sudah jelas pakai banget. Artikel original anda kalah SERP kemudian nyuri deh artikel mereka, biar blog anda juga terpampang di halaman 1 SERP dan terlihat profesional. Profesional dari hongkong? Profesional kok nyolong, malu tau sama anak TK!

Beda cerita kalau kebiasaan copas tanpa izin anda dilakukan karena ingin mendapatkan barang hijau ini. Ya, DUIT. "Duit nggak salah, min." Yang bilang duit salah itu siapa? Duit dari dulu juga nggak salah, yang salah itu jalan hidup anda. Percuma punya otak tapi nggak bisa menggunakannya dengan benar, mending jual atau sedekahin saja itu otak, mumpung masih ada yang butuh dan mau menggunakannya dengan tepat.

"Emang, apa salahnya ngeblog sambil ngarep duit?" Nggak salah kok, yang salah itu otak anda yang nggak pernah digunakan untuk mikir. Berpikir berguna untuk meningkatkan kreativitas dan tak hayal kedepannya anda jadi orang sukses. Amin!

Inti Dari Artikel Ini

Kalau mau copas izin dulu sama empunya, kalau nggak dibolehin ya jangan nyolong. Nggak berkah! Selain nggak berkah juga nggak etis, masa seprofesi main kotor. Apa tega, anak dan istri kecipratan duit haram hasil keburukanmu? Nggak kan? Oh tega ya? Kalau tega, ya siap-siap aja dihampiri sama si KARMA. Tapi tenang saja, KARMA nggak bawa sajam atau senpi, cuma bawa PENDERITAAN yang bisa merucut ke HAKIKI.

"Apabila artikel copasnya nggak izin tapi ngasih sumber, bagaimana min?" Kalau saya pribadi tetap nggak setuju. Itu sama halnya nyolong, kecuali kalau anda edit 50%. Asal jangan 100% saja, biar otak anda tetap bekerja sebagaimana mestinya.

"Kalau untuk gambar yang nyomot dari google, pinterest, instagram, maupun media lainnya, bagaimana min?" Saya tidak bisa berpendapat karena jujur saya masih melakukannya, walau demikian saya akan tetap berusaha untuk bermain jujur apa adanya. Mungkin suatu hari saya akan membahasnya.

Masih ada yang mau tanya lagi? Silakan tulis pertanyaan maupun unek-unek anda pada kolom komentar yang tersedia dalam blog ini.

Beruntung sekali anda mampir dan baca artikel saya ini, karena masih ada yang mau ngingetin, lol. Tapi, kalau anda menganggap apa yang saya bagikan itu salah, tolong diingetin juga ya. Namanya juga manusia, tak pernah luput dari dosa. Sesama manusia baik, baiknya saling mengingatkan.

Saya akui bahwa artikel ini bisa dikatakan blunder bagi saya pribadi, karena mengingat artikel lama yang copas belum diedit atau dirubah, begitu juga gambar-gambar yang masih nyomot punya orang. Kedepannya mungkin saya tak akan bahas bab copy paste lagi dikarenakan dalam artikel ini sudah saya paparkan semua. Untuk masa hukuman bagi pihak yang ketahuan copas bisa anda baca situs lain.
Bagi siapa saja yang keberatan tentang tulisan, gambar, dan lainnya, dalam tiap postingan di blog ini bisa menghubungi saya melalui halaman kontak beserta alasannya, karena saya nggak mau masuk penjara atau kena denda. Mari biasakan saling berunding dahulu sebelum dibawa ke meja hijau secara sepihak.

Sekian ceramah tujuh menit dan unek-unek yang dapat saya sampaikan. Semoga kita semua bukan golongan orang-orang yang merugi. Amin!

Terimakasih sudah berkunjung di blog gado-gado spesial ini. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Artikel Hasil Copy Paste Tanpa Izin Tidaklah Berkah
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -