Wednesday, June 7, 2017

Malu Karena Tulisan di Blog Jelek? Santai Aja Kali Guys!

Saya lebih mengapresiasi blog kecil yang sering update daripada blog besar tapi jarang atau sudah berhenti update. Alasannya? Saya juga nggak tau alasan tepatnya seperti apa, namun saya merasa bahwa itulah fungsi dari sebuah blog.

Buat apa punya blog kalau nggak diupdate? Mending disedekahin atau dibagikan kepada siapa yang minat mengurusnya. Daripada mubazir?

Saya suka ngeblog, beberapa blog lain (yang tidak bisa saya sebutkan) yang saya miliki masih tetap saya update. Bahkan juga nulis di beberapa website yang lumayan besar biar konten bahasannya nggak basi dan menjenuhkan.

Malu Karena Tulisan di Blog Jelek? Santai Aja Kali Guys!
ngeblog di tumblr lewat laptop

Memang dalam hal tulis-menulis saya masih newbie, sampai sekarang saya akui itu. Bahkan pernah ada yang komentar bahwa tulisan saya mirip hasil google translate, padahal saya nulis sendiri. Sedih ya jelas sedih dapat komentar seperti itu, namun dari komentator juga saya mendapatkan spirit dan semangat belajar untuk menulis dengan baik walau akhirnya tulisan saya berikutnya tetap saja dikomentari mirip google translate.

Tak perlu malu guys mau share cerita pribadi, tutorial, review, atau buat tulisan fiksi, dengan membagikannya di blog pribadi anda. Asalkan bukan berisi provokator, hoax, atau menjelekkan seseorang/organisasi lain itu bukanlah masalah.

Hayo ngaku, yang sering bilang tulisan anda jelek pasti diri anda sendiri, bukan pembaca anda. Anda sebagai penulis nggak perlu merasa malu dengan hasil karya tangan anda sendiri, buang jauh-jauh rasa malu anda kalau ingin maju (samakan ketika membangun sebuah bisnis dari awal). Yang harusnya malu itu kalau tulisan anda cuma hasil dari copas tulisan tetangga tanpa melakukan pengeditan.

Ayo guys, budayakan menulis (bukan komentator) untuk kepuasan pribadi sekaligus menyalurkan hobi pada blog pribadi kita masing-masing! Nggak ada salahnya kita menulis, toh belum ada dan tak akan pernah ada hukum pelarangan menulis diberlakukan di negara Indonesia ini. Jadi, usahakan bahwa blog pribadi anda tetap update minimal 1 postingan per minggu. Siapa tau karena seringnya anda menulis ada hikmah dan manfaat yang akan anda peroleh diwaktu terdekat atau dimasa yang akan datang.
Menulis apapun selama bukan hoax dan menghina, maka tulisan tersebut tak akan pernah menjadi boomerang buat diri kita masing-masing. Malah sebaliknya, tulisan tersebut akan mendatangkan manfaat untuk kita pribadi maupun pembacanya - Ngeblog Asyikk
Happy blogging! Salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Malu Karena Tulisan di Blog Jelek? Santai Aja Kali Guys!
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -