Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Minggu, 25 Juni 2017

10 Tips Cara Agar Tidak Mabuk Di Perjalanan

Cara agar tidak mudah mabuk di perjalanan, entah naik mobil, bus, kereta, kapal, maupun pesawat, ini bisa anda terapkan satu-persatu. Dan pastinya, keberhasilan atau tidaknya tips berikut juga bergantung pada kesehatan tubuh anda, karena siapa tau tubuh anda memang kurang fit atau sedang terserang penyakit. Silakan anda cek ke dokter agar tau seberapa fit tubuh anda saat ini.

Berikut adalah 10 tips bagaimana cara agar kita tidak mudah mabuk saat perjalanan dekat maupun jauh:

Mabuk Di Perjalanan

1. Tidur sebelum berangkat

Jika anda mau berangkat mudik atau melakukan perjalanan jauh karena bisnis, silakan untuk tidur dahulu agar bangun-bangun tubuh sudah kembali fit. Karena tubuh yang kurang fit dapat dengan mudah mengalami mabuk perjalanan. Dengan demikian, silakan tidur secukupnya dan jangan berlebihan. Karena jika tidur anda berlebihan, saat bangun kepala malah jadi pusing.


2. Tidur dalam perjalanan

Tidurlah jika anda tidak ingin mabuk saat berpergian jauh, karena siapa tau anda akan bergantian dengan ayah di tengah perjalanan jadi sopir mobil pribadi.

Alasan utama tidur nggak bikin mabuk ya simpel. 1) Pikiran anda rehat sejenak dan 2) Tau-tau anda dibangunkan kenek bus, kondektur kereta, atau pramugari pesawat karena sudah sampai tujuan.


3. Makan yang bergizi

Makanlah makanan yang bergizi dan jangan makan secara berlebihan. Setelah makan, duduk-duduk dahulu sekitar 10-20 menit agar makanan sudah tercerna dengan baik dalam perut.

Makan berguna untuk mengisi perut dan membuat badan jadi fit. Sedangkan manfaat duduk 10-20 menit agar saat mengalami 'benturan' (misal melewati jalan berlubang) atau lewat jalan yang banyak keloknya, perut anda tidak merasa mual.


4. Emut permen atau minum Jahe

Mengkonsumsi Jahe membuat tubuh hangat dan segar, sehingga ketika anda naik kapal atau mobil tanpa AC tubuh anda tetap prima. Tapi ya jangan sok kuat menahan dinginnya angin sepoi-sepoi, pakai jaket atau selimut biar tambah hangat. Badan kuat mabuk bye-bye.


5. Jangan baca tulisan

Membaca tulisan saat menjadi penumpang jangan sering anda lakukan. Tulisan itu bisa banner toko yang dilewati, sms, chat, baca berita lewat hp, dan tulisan lainnya.

Saya tidak tau alasan yang tepat kenapa membaca bikin pusing, mual, atau mabuk. Tapi yang pasti, saya juga mengalami hal itu saat menjadi penumpang (bukan sopir).


6. Duduk paling depan atau belakang sopir

Cara ini bisa dilakukan tergantung anda naik apa. Silakan anda duduk di depan ketika naik mobil, dan duduk di belakang sopir jika sedang naik bus. Ini pernah saya lakukan dan lumayan berhasil juga.


7. Duduk samping jendela

Jika anda tidak dapat kursi paling depan di mobil atau belakang sopir saat naik bus, duduklah pas di samping jendela.

Duduk di samping jendela dilakukan agar kita bisa bersandar, tubuh jadi rileks atau nggak sepaneng, dan bisa melihat indahnya pemandangan luar. Ketika tubuh merasa letih anda bisa tidur dengan nyenyak sambil senderan, jangan lupa bantalnya (bisa pakai jaket atau tas untuk jadi bantal).

Ingat! Resiko kepala terbentur kaca jendela dapat terjadi akibat kendaraan melewati jalan berlubang, pesawat turbulensi, atau ombak laut sedikit ganas.


8. Minum obat anti mabuk

Cara kerja obat anti mabuk ya membuat kita tidak mabuk. Namun saya rasa mengkonsumsi obat anti mabuk juga punya efek agar kita menjadi mengantuk dan akhirnya tidur.

Himbauan! Jangan asal minum obat anti mabuk jika tidak ingin kenapa-kenapa. Baca aturan dosis, umur, dan tanggal expired, karena itu semua demi kehidupan anda juga.


9. Minum air putih

Suhu udara dalam kendaraan yang tinggi atau terlalu panas dapat membuat kita mudah dehidrasi, sehingga kepala jadi pusing dan ingin muntah. Makanya saat melakukan perjalanan dekat atau jauh bawalah air putih dan minumlah. Jika anda lupa membawanya anda bisa berhenti dan membelinya di toko.


10. Bepikirlah postif dan lupakan masa lalu

Berpikiran positif dan melupakan masa lalu (seperti: kenangan mantan) berguna untuk membuat pikiran kita nyaman dan kepala tidak menjadi pusing. Karena jika kepala sudah pusing ada indikasi bahwa kita akan mual atau mengalami mabuk perjalanan.

Makanya, mulai sekarang berpikirlah positif dan lupakan masa lalu agar seluruh tips menghindari mabuk perjalanan ini bekerja dengan baik.


Usai sudah artikel 10 tips bagaimana cara agar kita tidak mudah mengalami mabuk saat diperjalanan. Semoga kesepuluh cara diatas cocok buat anda, atau minimalnya dapat mengurangi rasa mual anda dalam berpergian. Amin!

Sekian dari saya. Terimakasih telah membaca artikel ini dan atas kunjungannya. Kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
10 Tips Cara Agar Tidak Mabuk Di Perjalanan
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top