Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Jumat, 04 Agustus 2017

Google Menambahkan Fitur Badge Pada Gambar di Halaman Google Image versi Mobile

Beberapa hari ini blog milik Google memposting artikel tentang Penambahan Tag (Badge) pada gambar di Halaman Pencarian Gambar Versi Seluler. Letak Tag/Kategori ini berada di bagian sudut kiri-bawah gambar. Akan tetapi, tidak semua kategori tersedia. Beberapa kategori yang tersedia, ialah: produk, resep, video, dan gif, saja.

Manfaat penambahan fitur terbaru ini oleh Google, dilakukan guna mempermudah para pencari info dalam menemukan konten gambar yang relevan sesuai minat. Jadi, jika anda ingin mencari sebuah gambar untuk pelengkap artikel tentang resep bakpia, nantinya akan muncul banyak gambar kan? Nah, untuk menargetkan gambar yang relevan, maka fitur ini akan muncul disalah satu atau beberapa gambar yang juga membahas resep bakpia.

Fitur baru berupa Tag di halaman pencarian gambar Google

Mungkin ada yang bertanya, "Kenapa gambar artikel resep, produk, video, atau gif, milik saya tidak menampilkan Badge di halaman Google Image?"

Jadi begini. Saya tidak tau cara anda memposting gambar yang membahas 4 kategori tersebut. Syarat untuk menampilkan Tag ini, harus menyusun skema/struktur data gambarnya dengan benar. Jika anda belum paham penyusunannya, silakan kunjungi situs schema.org untuk mendapat panduan terlengkapnya.

Perlu anda ketahui bahwasanya setelah menyelesaikan penyusunan skema data pada gambar, Tag tidak akan muncul secara langsung. Perlu adanya perayapan ulang dari robot Google. Nah, untuk mempercepat perayapan ini, anda bisa menggunakan tools gratis milik Google >> Search Console Crawl Url. "Memangnya ada yang bayar?" Maaf, saya tidak tau.

Ingat lho! Sesuai dengan kalimat yang tertulis di tools tersebut, pihak Google sendiri tidak menjamin kecepatan dalam pengindeksan. Walau begitu, saya akui tools itu sangat baik dalam mempercepat pengindeksan semua artikel blog ini.

"Kok aneh ya. Sudah seminggu penyusunan skema gambar, tapi Badge-nya belum muncul juga?" (opini) Kemungkinan saja ada kesalahan dalam penyusunan skemanya. Coba cek susunan skema template blog anda dengan menuliskan link homepage + link artikel ke Structured Data Testing. "Hasilnya tidak ada yang salah atau error tuh, susunannya sudah benar. Jadi, salahnya dimana?" Maafkan saya guys. Saya bukan tim Google, saya tidak mau beropini lagi.

Walau memang masih dalam pengembangan, fitur baru ini jelas bermanfaat. Kedepannya kita tidak perlu capek-capek lagi mengecek gambarnya satu per satu, kita sudah bisa menemukan gambar yang diinginkan sesuai dengan kategorinya. Mau pilih yang resep, video, gif, atau produk, bisa guys! Semoga saja proyek ini menambahkan kategori baru dan tersedia di versi dekstop, hingga akhirnya kita semakin mudah dan nyaman dalam melakukan aktivitas browsing. Amin!

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Google Menambahkan Fitur Badge Pada Gambar di Halaman Google Image versi Mobile
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top