Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 17 Agustus 2017

10 Penyebab Postingan Blog Mendadak Hilang dari SERP

Kenapa tiba-tiba artikel blog saya menghilang, padahal awalnya/tadi/kemarin muncul. Tapi sekarang kok tidak ada?

Sebenarnya sudah banyak pihak yang menjelaskan permasalahan ini secara gamblang. Namun sepertinya anda kurang usaha mencari dan malas membaca atau tidak paham mengenai penjelasan yang diberikan.

Jika demikian, tak salah saya membuat tulisan ini. Dan yang pasti penyebabnya bisa diperbaiki sendiri tanpa harus meminjam jasa ahli webmaster sekalipun.

Tanpa banyak alasan lagi, silakan dibaca baik-baik! Jika bingung, usahakan bertanya tanpa takut dikatakan noob (karena seorang master berawal dari noob).


Bingung karena postingan tiba-tiba lenyap begitu saja


1. Ada virus atau malware dalam blog

Penyebab munculnya virus/malware salah satunya diakibatkan oleh script iklan pop under. Makanya tak heran jika situs anda dibuka malah muncul tampilan Warning!

Pasalnya kita tidak mengetahui iklan yang dimunculkan dalam script itu (apakah aman/sebaliknya). Namun kabar baiknya, hampir seluruh robot milik mesin pencari dapat mendeteksinya. Sehingga jangan kaget jika ada email masuk dari salah satu mesin pencari menyatakan bahwa situs anda dianggap tidak aman akibat terkena virus/malware.


2. Pemasangan pop under

Pop under adalah munculan halaman baru yang secara tiba-tiba, biasanya digunakan penyedia advertising untuk mempercepat perolehan klik yang dipasang pada blog milik publisher dengan menggunakan sebuah script.

Namun sayangnya penggunaan pop under dapat memperburuk ranking postingan pada SERP. Saya tahu karena baru-baru ini google sudah mempublikasikan dan menjelaskannya di salah satu blognya.

Dengan begitu, silakan hapus script iklan pop under anda sekarang juga. Daripada menyesal dan blog malah jatuh ke area sandbox. Gagal gajian dong!


3. Dampak Google Honeymoon

Istilah 'honeymoon' sebenarnya yang membuat bukanlah pihak google, melainkan para pakar webmaster. Namun dikarenakan prosesnya memang mirip seperti orang lagi honeymoon, makanya dinamakan seperti itu.

Pasangan yang melakukan honeymoon kebanyakan dilakukan oleh pengantin baru. Karena baru menikah, rasanya ingin sayang-sayangan di ranja**.

Nah, proses google honeymoon juga demikian. Dimana google akan memberikan kasih sayang kepada blog/tulisan baru, sehingga muncul di SERP (biasanya page one). Namun sayangnya google malah jatuh cinta terhadap blog/tulisan yang lebih fresh/seksi/menggoda daripada blog/tulisan anda itu. Sehingga tak hayal jika postingan anda menghilang dan blog/tulisan yang lebih fresh/seksi/menggoda lebih diprioritaskan untuk tampil di SERP.

Semoga saja pasangan hidup anda tidak seperti google ya? Aminnnn!


4. Terkena Google Dance

Istilah 'dance' bukan juga google yang buat lho, namun para pakar webmaster.

Efeknya, postingan blog kita mirip orang yang lagi ngedance atau bergoyang. Pindah kesana kemari tanpa aturan karena keasyikan menikmati alunan musik.

Beberapa pakar webmaster menyatakan hal ini terjadi akibat perubahan nilai dan pola pada artikel, misalnya: mengedit artikel, menambah backlink, merubah struktur data template, dan adanya link error.

Jadi, jika anda tak ingin terkena imbas dari google dance, jangan sekali-sekali merubah artikel atau struktur template, membuat backlink di luar blog, dan alasan perubahan nilai serta pola artikel lainnya. Diamkan saja setelah publish! Tapi, jika ingin menaikkan peringkat atau mendongkrak posisi SERP, silakan saja otak atik nilai dan pola artikel serta template blog anda.


5. Dianggap melakukan SEO Black Hat

Robot perayapan milik mesin pencari dirancang dengan baik sehingga dapat mendeteksi kecurangan dalam kepengurusan sebuah situs, tak terkecuali situs berotoritas tinggi sekalipun.

Jika ketahuan main curang dalam menaikkan peringkat SERP, jangan heran apabila peringkat postingan anda menurun drastis dan bahkan gagal gajian.

"Saya tidak tahu caranya melakukan SEO Black Hat karena baru terjun ke dunia blogging. Tapi kata teman yang sudah lama ngeblog, hilangnya postingan diakibatkan karena saya telah melakukan Black Hat. Kok bisa?" Bisa saja dong! Makanya baca-baca tuh pedoman webmaster milik mesin pencari maupun blog orang yang sudah membahas tentang tindakan curang (SEO Black Hat), supaya kedepannya anda tidak salah atau asal melangkah dalam ngeblog.


6. Mesin pencari melakukan update Algoritma

Setiap mesin pencari memiliki Algoritma. Fungsi dari Algoritma adalah untuk menilai dan memilih blog/artikel mana yang dianggap relevan, suci, fresh, dan bermanfaat, untuk ditampilkan di SERP. Hal ini dilakukan agar pengguna mesin pencari tidak salah masuk kamar atau postingan yang dimasuki tidak sesuai/relevan dengan apa yang mereka cari.

Untuk menghindari artikel yang tidak relevan dan membasmi teknik seo black hat, maka Algoritma perlu diupdate. Layaknya sebuah aplikasi game (misal Mobile Legends), perlu diupdate guna menghilangkan bug dan menjaga kesehatan sportifitas antar pemain game Mobile Legends.

Sayangnya efek dari pengupdatean Algoritma tidak bisa diperbaiki jika kita kurang mengupdate berita terbaru seputar mesin pencari. Jadi, silakan anda bookmark situs-situs yang dianggap relevan dalam membahas informasi terbaru Algoritma.

Untuk mengetahui apa saja macam-macam dan cara kerja setiap Algoritma, silakan anda searching sendiri.


7. Posting anda tidak Memuaskan atau Berkualitas

Google dapat menghitung tingkat bouncing pengunjung yang mereka kirim ke situs anda. Jika waktu pengunjung tidak lama berada di situs anda (rata-rata yang bagus adalah antara 1 dan 2 menit), itu berarti konten anda tidak menarik atau bermanfaat bagi pengunjung.

Google melihat bahwa postingan blog anda tidak membawa nilai apapun, sehingga mereka menggantikan posisi serp dengan postingan milik orang lain yang lebih berkualitas. Dengan begitu, anda dituntut untuk membuat tulisan yang memiliki nilai plus dari tulisan milik orang lain.

Anda dapat melihat berapa lama pengunjung tinggal atau bounce rate di blog anda dalam akun Google Analytics maupun Alexa.


8. Artikel dianggap Kuno

Layaknya sebuah berita, anda pasti menginginkan berita terbaru. Ya, seperti itulah bot mesin pencari menilai peringkat serp.

"Saya pernah melihat post lama (2 tahun yang lalu), tapi ada di page one bahkan nomor satu?". Anda tidak salah, hanya saja 1:100 yang kemungkinan terjadi. Atau jangan-jangan sebenarnya keyword anda yang kuno. Karena mencari informasi seputar windows 7?

Maka itu, buatlah konten yang fresh, terupdate, atau kekinian. Kebanyakan mesin pencari suka konten yang berbau kekinian untuk ditaruh di page one.


9. Loading tambah lama

Google suka situs fast loading, bahkan semakin cepat dapat mendongkrak peringkat di SERP. Makanya AMP akan digadang menjadi proyek user friendly yang sempurna.

Tapi sayangnya anda malah memperlambatnya dengan memasang banyak script. Dan saya tau bahwa script tersebut adalah iklan.

Jujur saya benci situs yang lemot, makanya blog ini dibuat "lumayan cepat" agar posisinya bisa di halaman pertama mesin pencari.

Jangan menganggap remeh dengan loading lho guys! Coba saja anda jejali banyak script di blog sampai lemot dibuka. Karena saking lemotnya, pembaca pada kabur tidak jadi baca tulisan yang telah dibuat berhari-hari. Jadi, percuma menulis panjang-panjang tapi nyatanya tidak dibaca akibat lamanya loading blog anda.

Loading yang lama dan mengakibatkan pembaca kabur dapat memperburuk bounce rate blog. Dan tak dapat dipungkiri bahwa postingan blog tiba-tiba hilang dari SERP.

Dengan begitu, silakan percepat loading agar banyak pengunjung yang datang dan tulisan anda tidak sia-sia.


10. Kena Copy Paste

Saya akui bahwa beberapa artikel blog ini pun pernah turun peringkat bahkan lenyap dari SERP gara-gara artikelnya digandakan oleh "penggemar rahasia". Awalnya saya panik, "duh bagaimana ini?" Tapi lama-kelamaan saya paham bahwa tindakan curang "penggemar rahasia" tersebut bakalan sia-sia.

Memang benar bahwa artikel hasil copas akan menduduki peringkat atas atau menggeser posisi artikel original kita, namun ternyata bot search engine sudah dirancang dengan baik. Pada akhirnya nanti artikel copas akan terperosok ke bawah bahkan menghilang tanpa bekas di SERP.

Cara menyikapi artikel original dicopas kalau saya santai-santai saja sih. Ya karena saya sudah paham alurnya nanti seperti apa. Jadi, tetap tenang dan fokus update artikel baru saja.


Ketika kehilangan peringkat atau posisi serp mengalami penurunan, hal tersebut memang sangat menjengkelkan. Akan tetapi, untuk mencapai tujuan apapun kita wajib dituntut untuk serius mengurus dan melakukannya. Jangan lakukan sesuatu hanya setengah-setengah apabila ingin meraih mimpi maupun uang dari aktivitas blogging. Tetap semangat ya guys!

Terimakasih telah berkunjung dan salam Ngeblog Asyikk \^o^/
10 Penyebab Postingan Blog Mendadak Hilang dari SERP
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top