Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Selasa, 26 September 2017

Serunya Mengeksplorasi Surga di Ujung Timur Pulau Jawa

Beberapa tahun terakhir, nama kota di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi, memang tengah naik daun. Pasalnya, kecantikan panorama alamnya yang memang layak dikunjungi mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Promosi pariwisata pun gencar disebarkan.

Salah satunya adalah melalui daftar festival sepanjang tahun yang sudah tersusun dengan baik dan disebarluaskan sejak awal tahun. Mulai dari festival kebudayaan yang mengangkat kearifan lokal hingga modern seperti konser jazz, semua lengkap tersedia. Tak heran, wisatawan baik lokal maupun asing banyak yang berbondong-bondong ke kabupaten terluas di tanah Jawa ini.

Variasi Akomodasi Mulai dari Penginapan Hingga Transportasi


Kamar Penginapan Hotel Banyuwangi
Penginapan - orbitz.com
Sebagai fasilitas pendukung berkembangnya sektor pariwisata, beragam akomodasi penginapan dan transportasi pun kian banyak tersedia. Anda kini dapat menemukan beragam hotel berbintang yang berdiri di ruas-ruas strategis kota. Mulai dari pemandangan kota hingga private beach yang menenangkan, Banyuwangi memiliki seluruhnya.

Urusan transportasi pun bukan lagi jadi kendala. Dari luar pulau, Banyuwangi bisa dicapai via perairan dengan gerbang Pelabuhan Ketapang. Jika bertolak dari Surabaya maupun Jakarta, kini penerbangan rutin juga tersedia di Bandar Udara Blimbingsari. Jarak dua lokasi ini dari pusat kota kira-kira 30 menit dengan berkendara motor atau mobil.

Selain dua alternatif akomodasi di atas, ada lagi akomodasi yang menjadi pilihan banyak wisatawan—apa lagi kalau bukan kereta api. Selain memiliki banyak stasiun yang bisa disesuaikan dengan tujuan, perjalanan nyaman ini juga bisa didapatkan dengan harga relatif murah. Ditambah dengan kemudahan memesan tiket kereta api di situs Traveloka, pelesiran jadi semakin praktis.

Daftar Rekomendasi Wisata Seru di Banyuwangi


Tidak perlu heran jika sebagian besar wisata di Banyuwangi adalah konsep wisata alam berupa pantai atau perairan. Pasalnya, kabupaten ini memang memiliki garis pantai yang sangat panjang.

Kendati demikian, bukan berarti seluruh wisata Banyuwangi melulu soal pantai. Gunung Ijen misalnya, adalah alternatif bagi Anda yang gemar mendaki. Bagi penggemar trekking, beberapa lokasi seru seperti Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Alas Purwo  yang memiliki pantai-pantai cantik berikut ini juga bisa jadi pilihan. Kalau bisa sekali mendayung dua tiga pulau terlewati, mengapa harus memilih yang lebih rumit?

  1. Teluk Hijau

Wisata Teluk Hijau Banyuwangi
Teluk Hijau - banyuwangibagus.com
Teluk Hijau disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi. Tentu saja hal ini disebabkan oleh kecantikan pemandangannya yang masih berada dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Berada jauh di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, teluk ini menghadiahi pengunjungnya dengan pemandangan yang serupa dengan namanya. Teluk Hijau memiliki air berwarna hijau yang sangat jernih dan cantik. Dikelilingi hutan dan dilapisi permadani pasir putih, eskotisme teluk ini sangat impresif.

  1. Pantai Wedi Ireng

Wisata Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
Pantai Wedi Ireng - gotravelly.com
Mirip dengan Teluk Hijau yang juga mengapitnya, Pantai Wedi Ireng adalah destinasi apik yang masih belum terlalu banyak diketahui khalayak. Dibandingkan Pulau Merah yang sudah terlalui mainstream, mengunjungi pantai ini membuat Anda seolah-olah berada di pantai pribadi.

Sepintas, pantai ini mirip dengan Teluk Hijau. Akan tetapi, Pantai Wedi Ireng memiliki garis pantai yang lebih panjang. Menariknya lagi, di bawah permukaan pasir putih yang terlihat, Anda akan menemukan pasir hitam yang pekat. Hal ini pula yang membuat masyarakat menamainya Wedi Ireng (dalam bahasa Jawa, wedi berarti pasir dan ireng berarti hitam).

  1. Pantai Plengkung

Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi
Pantai Plengkung - spotnesia.com
Ingin berselancar di pantai dengan ombak sempurna? Tak perlu keluar banyak uang untuk mengambil penerbangan ke Bali. Kini, Anda cukup membeli tiket kereta api dan nikmati serunya berselancar di dalam gulungan ombak di Pantai Plengkung, Banyuwangi.

Pantai Plengkung juga kerap disebut dengan G-Land. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ombaknya yang besar dan melengkung sempurna merupakan keuntungan dari kondisi geografisnya yang sangat strategis. Selain beberapa surf camp, Anda juga akan menjumpai lebih banyak wisatawan mancanegara di pantai ini.

  1. Gunung Ijen

Wisata Gunung Ijen Banyuwangi
Gunung Ijen - visitindo.blogspot.co.id
Bila Anda melakukan perjalanan menggunakan kereta api dari arah barat—terutama mulai dari Surabaya dan Probolinggo—jangan heran jika kursi-kursi terisi oleh beberapa bule. Dengan carrier yang penuh dan menjulang, mereka bersiap untuk menyaksikan magisnya blue fire di Gunung Ijen. Sebagai satu-satunya tempat dapat melihat keajaiban ini selain di Islandia, tentu Ijen menjadi destinasi wisata internasional yang sangat diminati.

Gunung Ijen sebenarnya berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Akan tetapi, banyak wisatawan yang memilih mendaki gunung berapi aktif dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl ini melalui Banyuwangi karena akomodasi yang lebih mudah. Selain gunungnya, kawah Gunung Ijen juga terkenal lantaran tingkat keasamannya yang mendekati 0.

  1. Pulau Tabuhan

Wisata Pulau Tabuhan Banyuwangi
Pulau Tabuhan - kumpulancerita.net
Jika menyinggung wisata di Banyuwangi, Pulau Merah memang yang paling populer. Akan tetapi, Pulau Tabuhan sebenarnya tidak kalah apik dan berkesan dari Pulau Merah. Pulau yang terlihat jelas dari Pantai Watudodol ini berada di tengah-tengah luasnya laut biru.

Pulau Tabuhan merupakan pulau tak berpenghuni dengan pasir berwarna putih dan masih banyak ditumbuhi tanaman rimbun layaknya hutan. Kendati demikian, beberapa wisatawan justru sengaja memilih untuk bermalam di dalam tenda di alam terbuka pulau ini. Untuk mencapainya, Anda bisa menyeberang menggunakan perahu sewaan yang memuat 5-7 orang.

Bila bepergian dengan kereta api, Anda bisa lebih mudah menentukan titik pemberhentian di stasiun terdekat dengan tujuan wisata. Dengan bantuan Traveloka atau mitra online resmi PT. KAI lainnya, Anda bisa mengecek rute masing-masing kereta api dengan lebih cepat.

Selain itu, pemandangan sepanjang perjalanan menuju Banyuwangi menggunakan kereta api juga mengagumkan—Anda juga akan melalui terowongan panjang peninggalan Belanda. Karenanya, bersiap-siaplah menyambut perjalanan panjang menuju surga di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi.
Serunya Mengeksplorasi Surga di Ujung Timur Pulau Jawa
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top