Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Jumat, 27 Oktober 2017

Apakah Kopi Baik atau Buruk untuk Hati Anda?

Seringkali pertanyaaan apakah kopi memberikan dampak baik atau buruk bagi tubuh. Pertanyaan tersebut tergolong wajar untuk mereka yang suka mengkonsumsi jenis minuman yang berasal dari biji kopi ini. Mungkin karena terlalu cintanya mereka dengan kopi mereka tidak memperdulikan manfaat dan juga dampak dari banyaknya minum kopi. Namun ternyata kopi mampu memberikan manfaat terutama untuk hati yang merupakan organ penting pada tubuh manusia.

Kopi untuk Kesehatan Hati
Manfaat Kopi untuk Kesehatan Hati
Minuman ini banyak disukai oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja maupun dewasa. Dulunya kopi identic dengan minuman yang disukai oleh laki-laki, akan tetapi sekarang ini tidak hanya laki-laki saja yang menyukai kopi tetapi juga dari golongan perempuan. Banyaknya variasi rasa yang ditambahkan dalam kopi membuatnya lebih menarik. Akan tetapi tidak banyak yang tahu apakah kopi ini baik untuk tubuh atau tidak, terutama untuk organ manusia yang bernama hati.

Fungsi Hati

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apakah kopi baik atau buruk untuk hati, terlebih dahulu kita harus mengetahui organ hati dan apa fungsi dari organ tersebut. Hati adalah salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Organ ini sebesar kepalan tangan masing-masing orangnya dan terletak di sebelah kanan sedikit di bawah paru-paru. Melihat fungsi hati yang cukup penting, sebaiknya kita memperhatikan jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi apakah baik atau tidak untuk hati.

Kita harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi lebih baik tidak memakan makanan yang banyak mengandung lemak dan gula, selain itu untuk menghindari penyakit hati (liver) sebaiknya menghindari minuman yang bersoda, banyak mengandung pemanis buatan serta berbagai jenis minuman keras.

Baca juga: 8 Lagu Tentang Kopi + Lirik

Membahas mengenai kopi, merupakan minuman yang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi Indonesia termasuk kategori negara pengekspor kopi terbesar setelah Brazil, selain itu kualitas kopi yang dihasilkan dari beberapa daerah di Indonesia juga tidak kalah bagus dari kopi luar. Oleh karena itulah tidak heran jika minuman dari biji kopi ini menjadi salah satu minuman wajib dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Ada kaitan antara kopi dan organ hati manusia. Tidak banyak yang mengetahui manfaat dan efek samping kopi bagi hati.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat dari kopi untuk hati:


1. Membantu menyembuhkan penyakit sirosis hati
Beberapa penelitian mengenai biji kopi menyebutkan manfaat dari kopi untuk hati manusia. Kopi mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi hati dari kerusakan. Selain itu kopi juga membantu menyembuhkan penyakit sirosis yang menyerang hati. Penyakit sirosis ini merupakan peradangan yang terjadi pada hati yang ditandai dengan terbentuknya jaringan fibrosa yang terlalu banyak. Jika sudah mencapai level tinggi, jaringan fibrosa yang terlalu banyak ini akan menyebabkan tidak berfungsinya sel-sel pada hati dan menimbulkan pengerasan pada hati. Kandungan kafein yang ada pada kopi akan membantu merusak jaringan fibrosa yang banyak terbentuk sehingga sel yang terdapat pada hati akan memperbanyak diri dengan cepat.

2. Mencegah penyakit liver
Mengkonsumsi kopi dengan teratur dapat mencegah hati terserang liver. Penyakit liver ini diakibatkan karena sering merokok sehingga menyebabkan berkurangnya fungsi hati. Sebagian besar perokok juga minum kopi, hal ini dapat menetralisir dan mengurangi resiko penyakit liver. Kandungan kafein yang ada pada kopi dapat membantu mempercepat kerja jantung sehingga produksi urine dalam tubuh semakin meningkat. Semakin banyak urine yang dikeluarkan maka akan meminimalisir racun yang ada dalam tubuh karena racun tersebut keluar bersama dengan urin. Oleh karena itulah kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit liver.

3. Menurunkan resiko penyebaran penyakit liver
Bagi orang yang sudah divonis penyakit liver, dapat dilakukan hal lain sebagai upaya mencegah penyebarannya yaitu dengan meminum kopi sebanyak 3 gelas per hari. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat digunakan sebagai terapi untuk mengurangi penyebaran penyakit liver agar tidak semakin meningkat tingkat keparahannya.

Kopi mengandung senyawa yang baik untuk liver dan penderita penyakit liver. Sudah banyak yang membuktikan bahwa kopi ini baik untuk penderita liver. Akan tetapi tidak berarti kopi ini juga memiliki efek samping. Kelebihan meminum kopi akan menimbulkan beberapa efek samping yang tentunya tidak baik untuk tubuh. Efek samping tersebut antara lain seperti yang kami jelaskan dibawah ini.

Baca juga: Puisi Kopi

Efek Samping Kopi

1. Menyebabkan susah tidur
Selain memberikan efek positif, kandungan kafein yang ada pada kopi juga dapat menyebabkan susah tidur. Jika susah tidur dialami seriap malam oleh seseorang, bukan berarti ia menjadi sehat. Hal tersebut malah menyebabkan penyakit akan mudah masuk dalam tubuh.

2. Menurunkan aliran darah ke otak
Kafein pada kopi dapat menghambat aliran darah ke otak, sehingga darah tidak dapat mencapai otak. Hal ini dapat menyebabkan orang yang terlalu banyak minum kopi mudah merasa pusing. Baik buruknya minum kopi tergantung dari seseorang yang mengkonsumsinya. Memang untuk hati atau seseorang yang menderita penyakit hati, kopi lebih banyak memberikan dampak baik sehingga perlu sekali untuk dikonsumsi. Akan tetapi juga perlu diperhatikan kadarnya, sesuai kadar dan keperluan saja untuk mengkonsumsi minuman ini.

Begitulah manfaat dari minuman kopi beserta efek samping yang ditimbulkan, untuk selanjutnya kami serahkan kepada anda apakah anda teteap meminum kopi atau anda akan berhenti meminum kopi. Namun apabila boleh kami sarankan, agar anda tetap mengkonsumsi minuman kopi dengan takaran yang wajar sehingga semua manfaat dapat di serap dan efek samping tidak mengganggu aktifitas keseharian anda.

Demikianlah yang bisa kami berikan terkait tentang minuman kopi yang banyak menjadi bahan perbincangan dalam dunia kesehatan maupun dalam hal hobi. Semoga dengan penjelasan ini anda bisa mengambil hikmah dan manfaatnya. Ambil manfaat yang positif dan buang hal yang menyebabkan negatif. Sekian dulu dari kami terima kasih.
Apakah Kopi Baik atau Buruk untuk Hati Anda?
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top