Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Selasa, 31 Oktober 2017

Berenang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Berenang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat - Permasalahan berat badan sering kali menjadi momok dan hal yang cukup menganggu kehidupan sehari-hari. Apalagi untuk seorang makhluk yang bernama perempuan, berat badan sering kali menjadi hal penting dan bahkan hal yang tidak ingin dibahas terlalu lama ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Bagi perempuan berat badan merupakan hal wajib yang perlu dijaga, apalagi ketika masa pubertas.

Berenang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat
Berenang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat
Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan manusia, berat badan tentu juga akan semakin bertambah. Ketika memasuki masa pubertas, perempuan lebih cepat dan mudah mengalami pertumbuhan dan berat badan akan semakin mudah bertambah jika dibandingkan dengan laki-laki. Oleh karena itulah perempuan lebih mudah mengalami kelebihan berat badan.

Baca juga: 6 Waterpark / Waterboom di Yogyakarta

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan bagi perempuan merupakan hal yang dapat mengganggu, terutama dapat mengganggu penampilan. Banyak perempuan yang merasa tidak percaya diri jika dihadapkan pada permasalahan berat badan bertambah. Karena mungkin banyak pertimbangan yang harus dilakukan misalnya dalam pemilihan baju.

Kondisi kelebihan berat badan akan menyulitkan dalam pemilihan pakaian apalagi untuk menghadiri acara yang penting. Kondisi berat badan berlebih ini disebabkan oleh diri sendiri, dari faktor makanan misalnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan pemanis akan menyebabkan berat badan mudah bertambah. Faktor lain yang dapat menyebabkan berat badan tidak stabil yaitu kurangnya olah raga.

Banyak cara dilakukan oleh perempuan ketika sudah ada yang berkata “kok kamu gendutan?” nah jika sudah mendengar kata-kata tersebut berbagai diet untuk mengurangi berat badan dilakukan. Bahkan cara instanpun bisa dilakukan yaitu dengan sedot lemak misalnya. Untuk mengurangi berat badan sebenarnya banyak hal dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan menjaga pola makan dan olah raga secara teratur.

Olah raga disini berbagai macam, dari lari-lari kecil yang dilakukan dengan rutin maupun olah raga lain misalnya renang. Kita sering mendengar kalau olah raga air ini dapat menurunkan berat badan selain membuat tinggi badan bertambah. Renang adalah olah raga yang berbeda dari jenis olah raga lainnya. Olah raga ini melibatkan koordinasi dari gerakan seluruh tubuh mulai dari kepala, anggota gerak bagian atas, anggota gerak bagian bawah, juga persendian dan otot.
Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apakah renang bisa menurunkan berat badan dengan cepat?
Sebagian besar seseorang jika ingin menurunkan berat badan mereka lebih berfokus pada pengurangan jumlah konsumsi makanan, mengikuti berbagai macam latihan diet serta hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan saja. Akan lebih baik jika pola diet tersebut juga diimbangi dengan olah raga yang juga berfungsi untuk membakar lemak dalam tubuh. Olah raga yang dimaksud ini adalah renang. Siapa sih yang tidak kenal dengan olah raga yang satu ini? Salah satu jenis olah raga ini dapat membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa renang merupakan jenis olah raga air. Perlu kita ketahui bahwa olah raga di dalam air lebih cepat untuk membuat jantung berdetak dengan cepat. Nah jantung yang berdetak cepat ini dapat membakar lemak yang ada pada tubuh. Pastinya kita menginginkan agar berat badan turun tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena itulah berenang dengan kecepatan yang cukup tinggi akan mempercepat lemak yang ada pada tubuh menjadi terbakar.

Selain hal tersebut, olah raga ini juga membutuhkan lebih banyak tenaga, sehingga jumlah kalori yang dibakar menjadi lebih banyak. Berdasarkan hal tersebut kita dapat mengetahui bahwa renang merupakan salah satu olah raga yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Akan tetapi tidak serta merta setelah berenang sekali dua kali berat badan akan menurun, tetapi kita harus rutin melakukan renang untuk mendapat berat badan yang diinginkan.

Beberapa gaya dalam berenang yang dapat membantu menurunkan berat badan

Renang sendiri mempunyai banyak gaya yang dapat digunakan sebagai usaha untuk menurunkan berat badan. Jika dibandingkan dengan olah raga lainnya, renang bisa menjadi olah raga yang paling efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Anda dapat menggunakan beberapa gaya renang agar tidak merasa monoton jika hanya menggunakan satu gaya, diantaranya yaitu :

1. Gaya kupu-kupu
Gaya renang yang satu ini memang menyerupai gerakan kupu-kupu jika sedang terbang. Gaya ini merupakan gaya renang yang paling sulit untuk dilakukan, akan tetapi mempunyai efek yang lebih cepat untuk menurunkan berat badan. Sekitar 748 kalori dapat dibakar dengan menggunakan gaya ini.

2. Gaya bebas
Kebalikan dari gaya kupu-kupu, gaya bebas ini mudah untuk dilakukan. Oleh karena itulah kalori yang dibakarpun pada gaya ini tidak sebanyak gaya bebas, yaitu sekitar 476 kalori.

3. Gaya katak
Untuk gaya renang jenis ini dapat membakar kalori sedikit lebih banyak dari gaya bebas yaitu 680 kalori.

4. Gaya punggung
Menggunakan gaya punggung dalam renang dapat membantu membakar kalori sebanyak 476 kalori sama dengan gaya bebas.

Baca juga: Jogja Bay 'Pirates Adventure' Waterpark di Yogyakarta

Nah dapat pengetahuan lagi tentang renang bukan? Jika sudah mengetahui manfaat dari olah raga air ini, bagi kalian yang menginginkan berat badan ideal atau mempunyai kelebihan berat badan tidak ada salahnya untuk mencoba olah raga ini. Akan tetapi perlu diingat ketika renang mengeluarkan banyak tenaga tentu saja membuat perut terasa lapar. Untuk itulah juga perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan setelah berenang agar usaha penurunan berat badan tidak menjadi sia-sia.

Berenang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top