Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 08 November 2017

Makan Bubur Membuat Perut Cepat Lapar

Makan Bubur Membuat Perut Cepat Lapar - Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia agar dapat bertahan hidup. Dengan makan, kebutuhan manusia untuk memperoleh energi agar dapat bekerja. Sumber makanan dapat diperoleh dari berbagai macam baik dari jenis biji-bijian, sayuran, maupun dari buah-buahan. Sumber makanan utama yang dibutuhkan oleh tubuh adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat.

Makan Bubur Membuat Perut Cepat Lapar
Makan Bubur Membuat Perut Cepat Lapar
Karena zat ini dapat menghasilkan energi dan tenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan dapat memberikan efek kenyang. Jenis makanan yang menghasilkan karbohidrat ini antara lain yaitu beras, jagung, gandum, ketela pohon. Sehingga merupakan makanan pokok yang wajib dikonsumsi oleh manusia terutama di Indonesia.

Senyawa karbohidrat yang terdapat pada makanan pokok sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai penahan lapar. Karena jika perut lapar dan dalam keadaan kosong akan menyebabkan terganggunya konsentrasi saat bekerja. Selain itu juga kondisi perut kosong akan membuat seseorang mudah merasa ngantuk.

Baca juga: Milna - Bubur Organik Terbaik Untuk Bayi

Hal tersebutlah yang membuat begitu pentingnya sarapan/makan pagi sebelum beraktifitas, yaitu sebagai asupan energi. Berbagai macam makanan ditawarkan untuk digunakan sebagai sarapan, termasuk bubur. Bagi sebagian orang yang bosan makan nasi untuk sarapan mungkin mencoba makanan yang diolah dengan resep sedikit berbeda dari biasanya. Bubur menjadi salah satu alternatifnya.

Bubur merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan makanan pokok. Ada yang terbuat dari beras, tepung maizena, tepung sagu maupun dari tepung tapioca. Karena terbuat dari bahan dasar yang banyak mengandung karbohidrat inilah, bubur dipilih sebagai pengganti nasi untuk sarapan.

Namun taukah anda jika sarapan dengan bubur tidak dapat memberikan perut kenyang bertahan lama? Walaupun menggunakan bahan dasar makanan pokok, bubur ini tidak dapat memberikan banyak energi. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa hal yang membuat makan dengan bubur menjadikan perut akan cepat lapar.

Berikut ini adalah penjelasan bubur membuat cepat lapar:

Bubur adalah salah satu jenis makanan yang diolah dari bahan dasar beras. Dalam membuat bubur, beras dimasak dengan menggunakan air yang banyak sehingga menghasilkan tekstur makanan yang lembut. Selain dimasak dengan menggunakan air yang jumlahnya banyak, memasak bubur juga membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Karena dimasak menggunakan air yang banyak, kondisi tersebut akan membuat tekstur beras menjadi hancur dan halus. Waktu yang digunakan lebih lama dalam memasak bubur juga akan merusak atau mengurangi gizi yang terkandung dalam beras tersebut.

Walaupun bubur berasal dari bahan makanan pokok, bubur menjadi salah satu sarapan yang digemari oleh sebagian orang. Bubur yang berbahan dasar beras ini biasa disebut dengan bubur ayam. Di dalam bubur ayam ini berisi suwiran ayam, yang diberi kuah, dengan ditambah irisan seledri dan bawang goreng. Kalau dibayangkan terasa menarik dan cukup nikmat bukan? Bubur ayam ini lebih sering digunakan sebagai makan pagi atau sarapan. Bubur mempunyai kandungan kalori yang lebih rendah daripada nasi.

Karena mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah tesebutlah, bubur dapat membuat anda merasa cepat lapar. Kondisi cepat lapar yang dialami oleh seseorang sebelum waktunya makan siang sering terjadi ketika makan pagi dengan menggunakan bubur. Kondisi tersebut disebabkan karena bubur lebih banyak kandungan airnya dari pada zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan zat gizi lainnya yang diperlukan untuk bekerja hingga siang hari.

Baca juga: Kuliner Sate Ayam Madura di Bantul Bu Doel Sate

Proses memasak yang membutuhkan waktu lama dalam memasak bubur membuat indeks angka glikemik bubur menjadi lebih tinggi. Indeks inilah yang menunjukkan kecepatan naiknya kadar gula dalam darah. Jika semakin tinggi indeks glikemik serta tekstur bubur yang halus ini membuat bubur menjadi mudah dicerna oleh usus sehingga mudah menimbulkan rasa lapar.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat mengetahui hal-hal yang menyebabkan perut mudah lapar jika makan pagi dengan bubur yaitu kurangnya kandungan gizi yang terdapat pada bubur. Jika anda masih tetap ingin menjadikan bubur sebagai makanan pokok saat pagi hari, sebaiknya diberikan beberapa tambahan makanan berikut:

1. Tambahkan kuah kaldu yang lebih banyak
Untuk menetralisir rasa bubur yang tidak berasa, anda bisa menambahkan kuah dari kaldu hasil rebusan ayam maupun sapi. Selain memberikan rasa yang berbeda, kaldu dari rebusan ayam maupun sapi mengandung protein yang berfungsi untuk membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.

2. Tambahkan sayur-sayuran
Bubur yang hanya mengandung karbohidrat dapat ditambahkan nutrisi-nutrisi lainnya yang didapatkan dari sayuran. Kandungan gizi yang dapat diperoleh dari sayuran yaitu serat, zat besi, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Oleh karena itulah anda dapat menambahkan sayuran seperti wortel, bayam, taoge maupun irisan daun bawang agar memperoleh tambahan nutrisi dan menambah cita rasa bubur.

3. Menambahkan irisan daging ayam, sapi atau telur
Baik daging sapi maupun ayam dan telur mengandung banyak protein hewani yang diperlukan oleh tubuh. Protein ini dapat membuat makanan dalam tubuh bertahan lama sehingga tidak mudah lapar.
Sebagai kesimpulan dari artikel ini bahwa sarapan bubur mudah membuat perut cepat lapar memang benar. Oleh karena itulah bagi anda yang masih berminat untuk mengkonsumsi bubur sebagai makan pagi sebaiknya ditambahkan beberapa bahan makanan lainnya yang telah dijelaskan di atas. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya lapar tiba-tiba sebelum jam makan siang.

Begitulah alasan mengapa bubur cepat membuat kita lapar, dan bagaimana menyikapi agar dengan memakan bubur kita tetap bisa memperoleh gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan penjelasan diatas maka diharapkan agar anda bisa mengerti sebab, akibat, dan langkah yang lebih baik dengan mengkonsumsi bubur.

Demikianlah yang bisa kami berikan semoga bisa memberikan manfaat, dan jangan lupa untuk share artikel ini ya, agar banyak orang yang bisa mengerti dan memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat dan pengalaman yang merupakan guru terbaik. Sekian dari kami salam....
Makan Bubur Membuat Perut Cepat Lapar
author
Halaman Pertama
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top