Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 11 April 2018

Cara Menghemat ala Anak Kos

Ketika kita mendengar kata “anak kos”, kecendrungan yang ada di benak kita adalah kalangan dari mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua. Karena jauh dari orang tua, sebagian dari mereka akan mengharapkan uang bulanan yang dikirimkan dari rumah. Hal ini lah yang membuat mereka harus berusaha sebisa mungkin memutar otak untuk menghemat anggaran, terutama di akhir bulan atau yang biasa kita sebut sebagai tanggal tua. Tidak jarang mereka memiliki ide tidak biasa yang jarang terpikirkan oleh orang lain. 

Pic by: pixabay.com

Nah, walaupun kita bukan salah satu dari anak kos, kita juga bisa menerapkan tips ini, lho. Berikut tips and tricks berhemat ala anak kos.

  1. Makan di warteg
Ini adalah solusi dasar untuk menghemat uang ala anak kos. Warteg atau warung makan kecil yang biasanya dibuka di sekitar daerah kos-kosan memang sangat membantu meminimalisir pengeluaran. Biasanya, terdapat berbagai pilihan menu yang disediakan oleh si tukang masak, mulai dari ayam ayam, ikan dan beberapa sayuran yang dimasak secara sederhana. Walaupun harganya relatif murah, tidak jarang mereka menyediakan makanan sehat yang bisa dibeli oleh pelanggan.

  1. Butuh internet? Pakai wi-fi
Jaman sekarang, mengerjakan tugas sudah harus mengumpulkan data dari berbagai sumber. Tak jarang, mahasiswa harus mencari di internet karena terkadang sumber yang diperlukan tidak terdapat di buku. Untuk itu, anak kos lebih suka untuk duduk di suatu tempat yang menyediakan wi-fi gratis, seperti di café, kampus, bahkan rumah teman. Tidak hanya untuk mengerjakan tugas, wi-fi gratis juga bisa dipakai untuk kegiatan lain, seperti mengoprasikan media sosial.

  1. Menggunakan kupon makan
Tak jarang anak kos juga mencari kupon makan supaya bisa menghemat uang jajan. Kupon atau voucher makan biasanya bisa didapatkan dengan berbagai cara, misalnya dengan memenangkan kuis yang diadakan oleh beberapa restoran atau meminta referral code atau kode promosi yang didapat dari artis yang diminta untuk mengiklankan atau temanmu. Solusi ini cukup membantu karena kamu kemungkinan bisa mendapatkan potongan harga atau bonus makanan dari restoran penyedia kupon. Jadi kamu bisa lebih berhemat.

  1. Jangan malu untuk menumpang
Kamu pulang kampus/kantor? Biaya transportasi untuk pulang mahal? Kamu bisa mencari teman yang membawa kendaraan untuk menjadi tumpangan kamu. Jangan pernah malu untuk bilang kepada mereka bahwa kamu membutuhkan tumpangan untuk sampai ke tujuan tertentu. Tapi harus diingat, carilah teman yang mempunyai arah tujuan pulang yang sama supaya tidak terlalu merepotkan mereka.

  1. Gunakan aplikasi cashback
Bosan dengan makanan sekitar kosan/rumah yang itu-itu lagi? Sesekali kamu juga bisa makan di restoran yang lumayan ada harga tapi bayar lebih murah. Caranya? Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa memberikankamu cashback langsung tanpa ribet, yaitu aplikasi Cashbac. Kamu tinggal download di App Store atau Play Store dari telepon genggam kamu, lalu  kamu hanya perlu mendaftarkan kartu debit/kreditmu. Setelah kamu mendaftar, kamu langsung mendapatkan bonus 50 ribu, lho! Cara pakainya? Jika kamu ingin membayar, kamu hanya tinggal memasukkan pin yang sudah kamu buat dan tap di mesin Cashbac yang ada di kasir. Gampang sekali, kan? Kalau kamu mau tahu tentang aplikasi ini lebih lanjut, kamu bisa klik di sini.

Nah, itulah beberapa tips ala anak kos yang ampuh untuk kamu terapkan walaupun kamu bukan anak kos lagi. Dengan begitu, kamu bisa menyisihkan uang yang kamu hemat untuk keperluan lain yang tidak kalah berguna. Solusi mana yang paling cocok untukmu? Selamat mencoba!

By: Annisa Zahrina
IG: @annisachaniago
Motto: “Bermimpilah, tapi jangan lupa untuk mewujudkan.”
Cara Menghemat ala Anak Kos
author
Halaman Pertama
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top