Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Jumat, 07 September 2018

Cara Mengatasi Bootloop Android Beserta Pengertiannya


Bagi Pengguna Android yang sering oprek-oprek android disarankan untuk backup dulu data nya lewat CWM,kalau tidak bisa-bisa bootloop,nah pada kesempatan kali ini saya ingin tips Cara Mengatasi Bootloop

Cara mengatasi bootloop pada setiap Android tidaklah sama karena bootloop ini memiliki penyebab yang berbeda dan juga cara mengatasi yang berbeda. Memang banyak sekali cara mengatasi bootloop di Google, tetapi belum tentu hal tersebut cocok untuk kasus yang dialami oleh Android kamu. Sangat penting untuk pertama mengetahui penyebabnya lalu mengetahui cara yang benar untuk penyebab dari hal tersebut. Berikut 3 jenis bootloop yang ada di Android:

1. Android Light Bootloop, adalah bootloop yang cukup mudah untuk diatasi. Hal ini biasa terjadi akibat menginstall apk ataupun bermain game tetapi tiba-tiba Android restart tetapi malah terjadi bootloop.

Cara mengatasinya: biasanya hal ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. Tetapi untuk tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Bootloop (Android Light Bootloop,Medium,dan Hard Bootloop) Android Beserta Pengertiannya
2. Android Medium Bootloop, adalah bootloop yang biasa terjadi ketika pengguna mencoba untuk mengoprek sistem Android. Bootloop yang terjadi pada tingkat ini masih bisa diselamatkan, karena setidaknya masih bisa masuk ke dalam recovery mode.

Cara mengatasinya: Untuk mengatasi bootloop tingkat ini dibutuhkan PC windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original ataupun CWM. Cara tersebut bisa dilakukan apabila sudah pernah melakukan backup sebelumnya, untuk yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.

3. Android Hard Bootloop, adalah bootloop tingkat akhir dimana terjadi akibat ada modifikasi file Android sehingga terjadi ketidakseimbangan dan malah merusak file Android. Hal ini biasanya terjadi akibat rooting dan mengubah script seperti font, partisi memori, menghapus aplikasi original, salah instal custom rom, dan lain sebagainya.

Cara mengatasinya: Kamu perlu software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda. Cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada Android kamu.

Sekian Postingan kali ini,kalau ada pertanyaan tentang Bootloop bisa lewat komentar,semampunya nanti saya jawab terima kasih :D
Cara Mengatasi Bootloop Android Beserta Pengertiannya
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top