Saat ini persalinan caesar sangat banyak diminati, karena dianggap lebih mudah dilakukan dibanding persalinan normal. Permintaan persalinan caesar terus meningkat setiap tahunnya, karena calon ibu takut melakukan persalinan normal.

Sebagai info kelebihan dan kekurangan persalinan caesar dan persalinan normal, anda dapat mengunjungi link https://www.guesehat.com/manakah-yang-lebih-baik-persalinan-normal-atau-caesar. Persalinan caesar dapat menimbulkan beberapa efek samping, baik yang dirasakan secara langsung, maupun efek  jangka panjang.

Beberapa Efek Persalinan Caesar

1.Infeksi

Infeksi dapat terjadi didaerah bekas sayatan yang menimbulkan rasa nyeri, pembengkakan, kemerahan dan bahkan keluar nanah. Selain itu infeksi juga bisa terjadi pada selaput rahim. Infeksi pada selaput rahim ditandai dengan nyeri di area perut, deman, keluar cairan tidak normal , dan pendarahan berlebihan pada vagina.

2.Pembekuan Darah

Pembekuan darah dapat terjadi didearah kaki anda yang melakukan persalinan caesar.  Pembekuan ini dalam bahasa medis di sebut deepvein thrombosis. Hal ini dapat mengancam jiwa, jika darah yang membeku terbawa sampai ke paru-paru.

3.Pendarahan

Saat persalinan caesar anda akan kehilangan lebih banyak darah dibandingkan persalinan normal. Luka bedah yang lebar dapat menyebabkan pendarahan. Jika terjadi pendarahan, transfusi darah perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4.Sakit Kepala dan Sakit Punggung

Beberapa hari setelah persalinan anda dapat mengalami sakit kepala. Hal tersebut terjadi sebagai salah satu reaksi anestesi atau obat bius. Efek anestesi dan bekas jahitan  juga menyebabkan sakit punggung setelah persalinan caesar.

5.Cedera

Persalinan caesar dilakukan dengan pembedahan, saat pembedahan bisa saja terjadi cedera. Meskipun jarang terjadi, cedera saat pembedahan sangat berbahaya. Misal tidak sengaja tersayat organ lain disekitar daerah operasi.

6.Bekas Luka

Persalinan caesar menyebabkan bekas luka yang tidak bisa hilang selamanya. Pembedahan pada persalinan caesar dilakukan dengan memotong jaringan perut. Jaringan ini sering menimbulkan rasa sakit dan masalah lainnya.

7.Pemulihan Lebih Lama

Persalinan caesar membutuhkan minimal 3 bulan istirahat total. Bagi wanita karir hal ini sulit dilakukan karena izin cuti melahirkan hanya 3 bulan.

Persalinan caesar sebaiknya dijadikan opsi terakhir mengingat banyak efek samping yang ditimbulkan. Saat hamil perbanyak mencari info kesehatan agar dapat melakukan persalinan secara normal.