Tubuh memerlukan perhatian agar terjaga kesehatannya, termasuk sistem pencernaan kita. Sebab, sistem pencernaan sangat menentukan seberapa efektif penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Saat sistem pencernaan terganggu, maka Anda akan kesulitan untuk makan atau penyerapan nutrisi akan berjalan tidak optimal.

Salah satu penyakit pada sistem pencernaan yang perlu Anda waspadai adalah GERD. Penyakit menyerang sistem pencernaan melalui asam lambung yang berlebih. Sudah banyak website kesehatan yang mengulas seputar penyakit yang satu ini lengkap dengan obat mengatasi perut kembung dan mual yang bisa dibeli dan Artikel berikut akan mengulas seputar cara mencegah GERD agar tidak menyerang Anda.

Hindari Makanan yang Terlalu Asam

Setiap orang memiliki makanan favoritnya masing-masing. Ada orang yang suka makanan dengan rasa manis, gurih dan ada pula yang menyukai makanan dengan rasa yang asam. Namun, apabila Anda ingin mencegah GERD, makanan yang terlalu asam jadi salah satu daftar hitam yang perlu dihindari.

Konsumsi makanan yang terlalu asam apalagi dilakukan dalam durasi yang terlalu sering bisa berdampak buruk bagi lambung Anda. Mengonsumsi makanan yang terlalu asam bisa membuat lambung jadi iritasi karena terlalu banyak menyimpan asam didalamnya. GERD pun tidak dapat dihindari apabila makanan yang Anda konsumsi terlalu asam. Oleh karena itu, jaga keasaman makanan yang akan Anda makan agar tidak mengganggu sistem kerja lambung dan mendatangkan penyakit GERD.

Hindari Konsumsi Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti teh atau kopi jadi minuman yang rutin diminum oleh kebanyakan orang. Bahkan beberapa orang tidak bisa lepas dari konsumsi minuman berkafein setiap harinya. Manfaat minuman berkafein yang bisa menjaga konsentrasi jadi alasan minuman yang satu ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang agar tetap produktif sepanjang hari.

Meskipun minuman berkafein punya manfaat untuk menjaga konsentrasi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya setiap hari secara rutin. Sebab, apabila Anda terindikasi memiliki masalah di lambung, maka minuman berkafein jadi salah satu daftar hitam yang perlu dihindari. Konsumsi minuman berkafein bisa meningkatkan kadar asam di lambung dan berpotensi menghadirkan penyakit GERD. Oleh karena itu, hindari konsumsi minuman berkafein secara rutin terutama apabila Anda belum sempat mengisi perut Anda dengan makanan sebelumnya.

sumber : https://www.goapotik.com/promo/obat-muntah-anak