Kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Maka dari itu, harus ada perawatan khusus untuk menghindari berbagai jenis masalah kulit pada bayi. Karakteristik kulit bayi seperti dermis yang tiga kali lebih tipis daripada orang dewasa, hydrolipidic film yang berguna untuk melindungi kulit dari bakteri dan bertindak sebagai penghalang pada bayi pun jauh lebih tipis dari kulit orang dewasa.

Membersihkan kulit si kecil, atau memandikannya, sangat menyenangkan dan juga menjadi momen pendekatan bagi anda dan si kecil. Namun terkadang, momen memandikan si kecil juga dapat menjadi momok yang menakutkan terutama bagi anda yang baru melahirkan. Ada beberapa hal yang anda perhatikan saat anda akan memandikan si kecil yang dapat diikuti.

  1. Pastikan temperatur air pas untuk si kecil

Atur temperatur air yang digunakan untuk memandikan si kecil tidak terlalu panas namun juga tidak terlalu dingin. Untuk tes temperatur air, jangan gunakan tangan karena sensitivitasnya kurang. Gunakan siku untuk mengetes temperatur karena sensitivitasnya lebih tinggi

  1. Gunakan sabun bayi anti iritasi untuk si kecil

Pemilihan sabun mandi untuk bayi menjadi hal penting yang harus anda perhatikan, karena kesalahan pada pemilihan sabun mandi dapat menyebabkan iritasi pada si kecil. Hindari sabun dengan aroma yang harum karena aroma tersebut berasal dari bahan kimia yang dapat berbahaya bagi si kecil.

Hindari juga kandungan paraben, antiseptik, dan juga detergen pada sabun mandi si kecil. Jangan lupa diskusikan dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya untuk rekomendasi sabun bayi anti iritasi yang sudah teruji secara klinis

  1. Waspada area tali pusar lembap

Area tali pusar yang masih agak basah atau belum terlepas cenderung sensitif dan akan lebih mudah mengalami infeksi jika terlalu lembap. Bila terlalu sering dimandikan, tali pusar bayi akan lembap dan lebih rentan memicu pertumbuhan bakteri maupun jamur. Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak perlu terlalu sering dimandikan, cukup tiga kali dalam seminggu.

Jangan lupa untuk memandikan si kecil dengan sentuhan lembut dan penuh kasih agar momen memandikan si kecil menjadi momen yang membahagiakan bukan hanya bagi anda, namun juga si kecil. Selamat memandikan si kecil!